Tuesday, May 20, 2008

Perjalanan Hidupku.. (bagian 4)

Nah setelah kembali kerja, selang tidak lama adik ku yang satu juga mulai kerja (jaga toko juga), dengan gaji gak seberapa juga..
Akhirnya hiduppun bertahan dengan penghasilan seadanya.

Karena dirasakan hidup dan kerja dengan gaji segitu-segitu saja, tampaknya keadaan tidak akan lebih baik. So, akhirnya aku dan teman kerjaku memiliki rencana nekad pinjam uang sama bos untuk membuka rental Playstation dirumah ku..(tapi gak berani jujur sama bos, jadi saat bos tanya untuk apa pinjam duit sebanyak itu, *kurang lebih 2jutaan/orang* bilangnya untuk suatu keperluan hehehe)
Ya, begitulah akhirnya nekad pinjam duit buka rental kecil-kecilan..(waktu itu buka rental ps one 2 tv saja)...(kalau rental ini gagal bisa bertahun-tahun melunasi hutang sama bos dengan gajiku yang hanya 100ribuan)

Pada awal berencana membuka usaha ini, sebenarnya ada beberapa tetangga yang tidak yakin usaha ini bisa berjalan.. "percuma buka rental PS didaerah ini, liat saja tetangga lain itu yang buka 7-8 buah, sepi yang main", begitu kira-kira reaksi tetanggaku. Kendor juga semangat ku kala itu, apalagi aku memang meng-iya-kan jika melihat rental tetangga yang tidak begitu jauh, sangat sepi yang main..tapi niat udah nekad, kalau tidak di coba tidak bakal tahu hasilnya.
Ya, akhirnya "soft opening" dua buah PS ONE, kemudian sedikit promo ke anak-anak tetangga..dan sukses, gitu buka langsung diserbu, 2 tv langsung penuh..wow semangat nya, apalagi menerima duit pertama dari rental itu (waktu itu rental PS ONE Rp.3000/jam), benar-benar bahagia tak terkira..
Ya begitulah Seiring berjalannya waktu, usaha rental ini mulai membawa berkah..so dalam kurun waktu sekitar 3 bulan pinjaman sama bos sudah terlunasi dan sudah mulai menikmati hasilnya.
Untuk hasil keuntungan, selanjutnya pelan-pelan dari hasil ini dibelikan ps dan tv lagi. Dan memang usahaku ini bisa maju, sedang tetangga ku gak tahu kenapa jarang ada yang main disana, padahal PS dia banyak, malah ditempatku tv sudah penuh yang main, anak-anak lain masih rela antri daripada main di tetangga ku itu, dan selang gak lama tetanggaku pun menutup usaha rentalnya.

Namun selang tidak lama teman saya yang patungan buka rental berminat pindah Jakarta karena ortu dia berminat cari nafkah ke Jakarta..lalu akhirnya aku ambil alih PS ini. Dengan memberi bagian teman ku (sekitar 3 jutaan). Dan Rental menjadi resmi milik pribadiku..
Ya, sekarang keadaan ekonomi ku sudah jauh lebih baik dibanding masa-masa itu, dan ini semua berkat usaha rental ini. Sejak memiliki rental ini aku memilih berhenti kerja dan mengurus rental ini hingga sekarang (sekarang sudah PS2 semua)... Dan tentunya ini terima kasih besar untuk yang di Atas sana, mantan bos ku di studio foto juga sama temanku, dan keluarga yang cukup mendukung usaha ku ini. Serta beberapa langganan yang tetap setia bermain ditempatku hingga bertahun-tahun :)

Penghasilanku sekarang sudah jauh diatas gaji pertamaku, begitu juga bila dibanding gajiku waktu TKI, sudah jauh diatas itu..
Bahkan aku sekarang bisa mencukupi kebutuhan keluarga, membeli sebuah motor, satu komputer dan memiliki sedikit tabungan.. :)
Mudah-mudahan dikemudian hari jika memiliki rejeki lebih aku ingin mencoba usaha lain lagi..
Tetapi akhir-akhir ini, saingan rental sudah mulai banyak, ditambah lagi karena krisis minyak PLN sering padam siang hingga sore hari, dan ini menyebabkan penghasilanku turun hingga 40%. Untung masih ada penghasilan sampingan dari dunia maya ini.
Ya sekarang selain dari rental, aku masih memiliki harapan berpenghasilan dari dunia maya lewat paid review dan program investasi online yang ku ikuti yang mulai profit sekarang..
So, aku tidak terlalu merisau kan penghasilan rental ku yang menurun karena masih bisa ditutup penghasilan online ku..bahkan semakin hari, penghasilan online ku hampir setara dengan penghasilan offline ku..dan serunya dari penghasilan online ini segala biaya listrik dan Speedy ku bisa aku bayarkan, dan sisanya yang ditransfer langsung ke rekening bank ku biar kan saja tetap tersimpan tanpa dan tidak pernah ku pakai untuk menambah tabungan :). Semoga saja aku bisa tetap berkiprah dari penghasilan online ini, sehingga aku memiliki beberapa pemasukan dan tidak tergantung dari rental saja seperti sebelumnya (memiliki niat membeli laptop dari hasil online ini :) ).
Jika tertarik belajar berpenghasilan online, aku bisa berbagi cerita tentang bagaimana aku berpenghasilan online itu, so jangan sungkan juga untuk berbagi ilmunya juga dengan aku biar sama-sama sukses lewat bisnis online ini.

So, karena hidupku yang seperti ini, memberikan aku pengalaman betapa pahitnya merasakan kehidupan pada tingkat paling bawah..
Untuk memikirkan berkeluargapun, aku harus pikir panjang..karena untuk urusan ini, setidaknya aku harus sukses dulu, karena aku gak mau nanti sudah jadi kepala keluarga tetapi tidak bisa memenuhi tanggung jawab sebagai kepala keluarga yang baik *ceilee*
So aku pikir kalau pribadi kita sudah mampu berdikari (berdiri diatas kaki sendiri), itu baru saatnya menuju kearah rumah tangga :)
Lagian kalau gak gitu, siapa lagi yang bisa aku jadi kan tumpuan harapan selain pada diri sendiri?
So, syukurilah bagi yang tidak pernah merasakan hidup sampai sekedar membeli makan sehari-hari saja tidak ada biaya untuk itu..dan cobalah memulai sesuatu itu dari nol, maka kita akan dapat lebih mensyukuri apapun hasil yang kita dapat..
Nah begitulah secuil kisah seorang anak manusia di dunia nyata yang berusaha melawan kejamnya dunia... :D
(sekian..)


Postingan terkait :
- perjalanan hidupku (bagian 1)
- perjalanan hidupku (bagian 2)
- perjalanan hidupku (bagian 3)

Add to: BackFlip, BlinkBits, BlinkList, del.icio.us, Digg, ma.gnolia, reddit, Squidoo

28 comments:

  1. Begitulah ya Ton, klo kita mau berusaha mengais rejeki, Insya Allah akan ada jalannya.
    Moga sukses ya usaha rental & paid review-nya

    ReplyDelete
  2. lho...mas ton lom menjadi bapak rumah tangga tha????masih single?masih seorangan?masih lom ada yang punya?masih,masih, dan masih...sendirian saja??

    waduh mas...daku jadi malu nih.rupanya orang yg sering kuajak sharing masih lom ada yg memiliki.ampuuun deh...he..he...

    ReplyDelete
  3. Kisah mas Tony begitu menginspirasi saya, karena sepahit-pahitnya perjuangan saya dalam menggapai cita lebih pahit hidup yang mas jalani. Tapi kalo semuanya kita lakukan dengan tekun Tuhan akan memberikan jalan menuju keberhasilan dan tentunya dibarengi dengan doa.

    Oh ya mas Tony, kalo mau ngikut paid review bagusnya yang mana ya? Saya masih bingung neh!

    ReplyDelete
  4. Moga usaha rentalnya maju dan sukses yah....

    ReplyDelete
  5. @EUCALYPTUS...thanks atas dukungannya bun :)

    @kristina dian safitry...aduhh mbak ini, sejak kapan sih aku udah berkeluarga hehehehe..aku single lho mbak, hanya sebagai tulang punggung keluarga aja buat ortu sama adik-adik aku hehehehe

    @putra ekan..thank atas motivasinya..menurutku paid review yang bagus sih reviewme, blogvertise, bloggerwave, bloggingads, smorty, sponsoredreviews

    ReplyDelete
  6. @mama azka..thank atas dukungannya mbak :)

    ReplyDelete
  7. mau mau... gimana caranya bisnis ol??? :D:D

    ReplyDelete
  8. menikah itu prinsipnya membangun hidup bersama yg lebih baik mas. siapa tau dgn menikah hidup mas toni jadi lebih baik krn ada partner. Setiap bertambah tanggung jawab kita InsyaAllah ditambahkan juga lain2nya asal ga tidur mulu...ceileeeee gaya bgt ya daku....kekekekekek

    ReplyDelete
  9. Mas Tony semngat ya...ak seneng kl ada yg semngat cari rezeki tanpa menyusahkan org laen..insyaallah Allah kasih rezeki lebih buat makhluknya yang mo berusaha...suskes ya...

    ReplyDelete
  10. @devita...bisnis ol apa yang di minati nih ??kalo paid review bisa deh aku bantu dikit soal masih newbie :)

    @billah..ini yang sulit mas sampai sekarang gak laku-laku aku ini hehehehe

    @Indah...thank ya mbak atas nasehatnya :)

    ReplyDelete
  11. aku salut N kagum bnGt ama kak Tony ^^SERIUS^^

    ttp semangt kk,ku nyakin kk akan suksEs N alhamdulillah semua baik N lancar sekarang,moga tambah sukses kelak amieNNN

    apapun itu,ga' usah patah semangt kk^^terpening usaha,hasil itu nnt,ku yakin ^^::^^doa N iktiar yg berjalan di dunia ini...CEmangTtt kakakku..

    ReplyDelete
  12. bagus deh..sekurangnya dapat menampung kehidupan dengan bekerja dan punya bisnes kecil kecilan.
    pengen juga aku punya bisnes kecil kecilan..

    ReplyDelete
  13. @ivana...dukungan yang sangat menyulut semangat :D thanks

    @@gelly..thank banget atas supportnya Gell :)

    @bash...setidaknya enak mas tidak diperintah-perintah jika kerja pada orang hehehe

    ReplyDelete
  14. mas tony... syukur, rejeki lancar trus yah.... :)

    ajarin juga dunk aq bisnn online... hihi...*serius inih!* males minta2 duit sm mama lagi... udah gede giniiii.....maluuuuu!

    ReplyDelete
  15. @anggangelina...yup kalo serius pasti aku ajarin hehehe..seru nih bisa ngenet cari duit, jadi ga bosenin hehehe

    ReplyDelete
  16. Wow... Jadi terbengong2.. LUARBIASA ternyata yg pny blog ini perjuangannya.. hmm.. yup maju terus pantang mundur! tetap semangat! Sukses selalu!

    Dan jadi pingin tau yg ttg paid review... (^^,)

    ReplyDelete
  17. @gratcia...wah wah wah aku bener2 semangat luar biasa banyak yang kasih dukungan gini :D

    ReplyDelete
  18. sering2 saja dipromosikan rentalnya, mas

    ReplyDelete
  19. @antown..aku gak pernah promosi nih mas, yang promosiin aku ya yang main itu..jadi dari mulut kemulut hehehe

    ReplyDelete
  20. Bagus deh.. semoga usahanya lancar yaa...

    ReplyDelete
  21. @mama shasa shahira..thanks dukungannya bun :)

    ReplyDelete
  22. Kalo namanya rejeki biar sedikit, tetep aja hasil keringat sendiri bung..

    HAyoo semangat...

    ReplyDelete
  23. salam kenal teman semua ..saya baru masuk disini,,tolong dong yang tahu ajari saya bisnise online dong
    thank you
    komang

    ini email saya ,,
    tigermanone2000@yahoo.com

    ReplyDelete
  24. salam lagi dari komang
    aduh aku bingung bisnise apa ya yang bisa aku jalani di internet ,tolong dong yang tahu ajari saya,saya gatek ....sekali dunia maya..

    komang

    ReplyDelete
  25. Wah, cerita elo membangkitkan motivasi dalam diri gue. Makasih ya udah sharing. Semoga semua urusan elo berjalan lancar. Keep blogging, please?
    Salam blogger. Semangaaaatttt!!!

    ReplyDelete
  26. @ratih..thank atas supportnya..tetap semangat juga ya

    ReplyDelete
  27. As..wr.wb.
    Salam Kenal Mas Toni..
    Memang hidup pnuh liku2, Saya Juga sakit dulu, Alhamdullah Sekarang dah Lumayan,Saya juga coba2 ngeblog nih

    ReplyDelete

Terima kasih Atas Komentar Anda!

Followers