Tuesday, July 8, 2008

Tarif Murah Operator Selular


Kali ini mau minta pendapat teman-teman blogger lainnya, kira-kira operator telepon apa yang menawarkan tarif termurah?

Ya baik dari biaya sms, menelepon, akses gprs dan yang berhubungan dengan pulsa deh.

Tapi saat ini karena berada di wilayah daerah kabupaten, hanya beberapa operator yang baru sudi menjamah daerahku. Untuk operator GSM/CDMA yaitu Telkomsel (kartu As, Simpati, Flexi, Hallo), Pro XL, dan Indosat (Mentari dan IM3).
Sedang operator lain seperti Three, Axis, Fren, Ceria, dan beberapa lainnya, belum ada yang melebarkan sayapnya hingga daerahku.

Dari segi pelayanan terus terang Telkomsel memiliki jaringan paling stabil. Hanya saja untuk saya yang sering akses GPRS via handphone, Telkomsel yang paling boros menguras biaya GPRS yaitu Rp.12/kb. Bandingkan dengan Indosat yang hanya Rp. 1/kb. Sedang XL juga termasuk mahal Rp.10/kb.

Walau pemerintah telah meminta penurunan tarif telepon tapi sayang untuk akses GPRS maupun 3G dsb tidak tersentuh sama sekali penurunan tarifnya.

Indosat walau murah, tapi layanannya mengecewakan, tiada hari tanpa gangguan GPRS, begitu juga dengan telepon dan sms, begitu memasuki malam selalu error dan mau sms juga selalu failed. Kadang sms, saya harus mengirim lebih dari satu baru bisa masuk terkirim.

Sebenarnya saya lebih banyak menggunakan pulsa untuk mengakses GPRS, dan operator yang ku pilih saat ini adalah Indosat. Tetapi sangat mengecewakan walau murah tapi tiada hari tanpa gangguan.

Telkomsel walau GPRS dan jaringan stabil dan lancar, tapi biaya pulsa mencekik leher jika dipakai akses GPRS, pulsa Rp.50ribu barangkali 3 hari sudah habis.
Sedang XL, karena biaya GPRS juga mahal akhirnya tidak pernah mencoba.

Barangkali ada teman lainnya bisa memberikan solusi masukkan untuk mengatasi masalah ini? Dan kira-kira operator mana yang paling bagus dan paling murah untuk di pakai dan tidak mencekik biaya pulsa? :)
Atau trik supaya bisa berhemat ria saat browsing internet?


gambar diambil dari : http://hendriadi.files.wordpress.com

38 comments:

  1. sayang banget ya..aku gak isa ngasih masukan. soalnya aku pakai operator hong kong.

    ReplyDelete
  2. aku juga bingung nih.... soalnya aku selalu pakai freen, tapi aku dengar katanya akses internet dengan axis gratis.... itu bener, sebab kemarin aku dimintai tolong instal ulang notebook dan modem axis di nb tetanggaku. Kalau fleksi... terus terang banyak jengkelnya, pengalaman saat betul-betul aku butuh nelpon itu FLKs ... hanya tut..tut.....tutttttttttttttt

    ReplyDelete
  3. kalo bicara operator seluler rasanya sering kena tipu tarif. Banyakan (ampir semua) provider nipu masalah tarif. Belum ada yg pas...

    ReplyDelete
  4. yg paling murah tuh nebeng telpon kantor!! :) bercanda bos. saya juga bingung nih jawabnya. flexi kali ya. kalau ke sesama flexi murah banget. tapi spt kata mas nataludin sering eror.

    ReplyDelete
  5. Bingung juga ya, yg pasti esia aku pake lumayan irit pulsanya & utk GSM aku pake Mentari yg abodemen (tau deh tagihan seh lumayan mahal... heu eh he..

    ReplyDelete
  6. Murah sih murah tapi vocer 100rb Indosatku cuma bertaham 2 hari hiks......
    ada yang mau bagi pulsa ? hihihihi

    ReplyDelete
  7. halo mas.. kata orang katanya im3 memang paling murah utk GRPS mas.. ada yang bagus lagi mas.. kl di Bandung itu pake 3G sayangnya kl dibawa Cirebon tmp tinggal sy jd ga ada 3G nya padahal mrh banget di www.mobilequ.web.id ..

    ReplyDelete
  8. wah.. bingung juga ya sy kasih solusinya :)
    klo sy pribadi sih setia pakai kartu Hallo dari telkomsel karna jaringannnya bagus.. gak pernah selingkuh sama yang lain,hehehe
    pastinya gak pernah ada masalah dengan operator selular yang satu ini..

    ReplyDelete
  9. @kristina dian safitry..kapan-kapan pulang indo kalo pake operator indonesia tetap ditunggu nih masukkannya :D

    @Nataludin..sayang didaerah ku ga ada Axis..padahal pemburu yang gratisan hehehe

    @hakimtea..itulah jeleknya operator..jadi kita pada pusing milih mana yang benar2 murah

    @wawanwae..iya aku ada kepingin juga ambil flexi sebenarnya tapi lagi males nih saat ini

    @Eucalyptus..sayang juga bun esia ga ada jadi ga bisa compare2 harga nya

    @zalukhu...wah boros amat mas..satu bulan jadi berapa tuh biaya pulsanya :D

    @yusa indera...iya mas aku pake mentari murah..tapi ya itu gangguan melulu mengecewakan..sayang #G belum sampai disini

    @eivengusky...iya mas di sini telkomsel stabil jarang gangguan tapi biaya akses gprs nya ga tahan mahal amat hehehe

    ReplyDelete
  10. Tetap pake IM3 untuk opera miniku tersayang... :D

    ReplyDelete
  11. Waaah nggak tahu deh mana yang termurah, aku selama ini cuma setia pakai halo dan pro XL. Kalau pro XL ke pro XL memang murah, tapi tergantung jamnya juga sih.

    ReplyDelete
  12. uang dari internetJuly 8, 2008 at 12:39 PM

    operator mah ga ada yang perfect mas,malahan banyak mengecewakan,saya pribdai mah pake telkomsel habis di tempatku yang jaringannya paling kuat cuma telkomsel ya terpaksa deh tetap make hingga sekarang...

    ReplyDelete
  13. kayaknya yang penting punya duit ya om... mo tarifnya berapa klo duit disaku ada... ya gak masalah... hiks...hiks...

    ReplyDelete
  14. klo mo chat dr hp, im3 yg paling murah.. terbukti! hehe.. sy jg pake im3..

    ReplyDelete
  15. kalo aku pake speedy... tapi gatau murah ato ga.. :D pokoknya kalo pake 1GB per month atau 50 jam per month, kenanya 200.000. kalo kelebihan 1 menit kena Rp.25 (time based) and klo kelebihan 1mb kena Rp. 500 (limited home)murah ga?

    ReplyDelete
  16. kalo menurutku sih yang paling murah tuh xl. hohohoho.. *promosi* apalagi kl yang xtra.. khan gratis 100 sms plus gratis telp kl malem. cuma yah gitu, gara" gratis telp tuh, jaringannya suka blaga sibuk gitu deh. sms nya jg jadi kena dampaknya.. alias pending smua. pif.

    kalo indosat sih.. banyak paket" yang kayaknya bagus gitu. cuma yaah.. katanya signalnya jadi payah banget gitu.

    kalo aku sih paling ga suka telkomsel. haha.. soalnya mahal banget. apalagi kalo aku mah suka nya sms doank gitu. nah sms telkomsel khan tetep aja 350. huhuhu..

    ReplyDelete
  17. wah pusing deh kalo urusan gini, soalnya masing2 operator nge-klaim paling murah.. :(

    ReplyDelete
  18. wah ....telat nich ngasih koment...hikz...hikz..

    ReplyDelete
  19. @putra eka...pake opera mini versi berapa mas? aku juga nih sering browsing pake operamini :D

    @ani...sayangnya grprs nya mahal mbak..soal aku sering banget pake fitur itu untuk chat or browsing juga :)

    @uang dari internet...iya mas telkomsel memang lebih stabil aku juga masih pake tapi jarang aktif kartu itu soal lebih banyak pake mentari untuk gprs :)

    @masenchipz...iya mas kalo dompet tebal sih mo operator mana saja bebas hehehehe

    @dee..iya aku biasa chat berjam2 paling ga nyampe seribu pake mentari :)

    @devita..sama aku juga pake yang time base 50 jam 200ribu..tapi biasa bulanan bayar 350an ribu :(

    @satona...iya paling rese kalo udah mulai ganggua sms or telp gitu

    @jimmy...kalo klaim murahnya jujur sih mending ya mas..ini kucing2an kalii

    @iksan..yang penting koment bos hehehe

    ReplyDelete
  20. wah saya sendiri ga terlalu perhatikan sih, sekarang pake starone sebulan cuma isi 20ribu hehehehee udah bisa telp sampai kuping panas, ga pernah dipake internetan sih...

    ReplyDelete
  21. xero...wah hemat amat..mau dong mau dong hehehe

    ReplyDelete
  22. saya kalo disuruh milih (sambil garuk kepala) bingung harus pilh apa, abis semua murah nya ke sesama operator duank..., tapi kata artis artis blogger sih axis boleh dicoba tuh... :P

    ReplyDelete
  23. @anang...pengemar berat M3 nih ceritanya mas Anang ?? :)

    @juned...sayang axis belum masuk :(

    ReplyDelete
  24. axis murah deh, beneran ga bohong

    ReplyDelete
  25. wah kurang paham jg neh aku...aku seh pake fren cuma buat sms ma nlp aja klo koneksi internet seh rasanya smua pada mahal

    ReplyDelete
  26. @kertaslecek..thank infonya tapi sayang daerahku axis belum masuh :(

    @billah...aku dengar axis murah Rp.0,5/1kb tapi ya itu ga ada axis disini :(

    ReplyDelete
  27. he..he..telkomsel is the best..:)

    ReplyDelete
  28. solusinya cari nomor perdana axis yang (siapatau) jebol, soalnya temen ada punya, gratisan seumur hidup deh :(. jadi ngiri.com

    ReplyDelete
  29. ini pasti dirumah buka counter atau jangan-jangan sales kartu7??:P

    ReplyDelete
  30. @mike..pelanggan setia telkomsel nih :)

    @supermance...wah ada yang gitu ya mas..andaikan aku juga punya :)

    @acy..ga ada lho mas yang ada hanya rental ps hehehe

    ReplyDelete
  31. Kalo gprs jelas paling murah mentari dan im3. Tarif gprs nya sama.
    -volume base : Rp.1,1/KB
    -duration base : Rp.110/menit

    Kalo telpon dan sms biasanya setiap operator akan lebih murah kalo ke sesama operator.
    Tapi mentari sakti boleh jg tuh, sms cuma 99 dan telpon cuma Rp.5/detik (dari detik pertama, tdk ada interval waktu) ke semua operator.

    Tapi ya itu tadi, karna overloaded jaringan jadi kurang stabil.
    Insya Allah rencana penambahan BTS tahun ini bisa terlaksana, demi kenyamanan pelanggan.

    ReplyDelete
  32. @wag banyak tahu seluk beluk mentari nih :) aku juga pake mentari..tapi kecewanya ya itu sering gangguan hampir tiap hari..bete jadinya

    ReplyDelete
  33. mas ada paket unlimited 125 telkomsel Flash, aku jg baru nyoba pake modem hp aja... lumayan sering hank jg..he he

    ReplyDelete
  34. @amalia..iya aku juga ada dapat berita ini tapi harus pake kartu hallo ya?

    ReplyDelete
  35. mas coba pake axis deh,internetan d hp pake axis murah cuman 0,1 per kb.. :)

    ReplyDelete
  36. kayanya halo dengan paket unlimited lebih murah coba tengok di http://www.telkomsel.com/web/hot_offering

    ReplyDelete
  37. bingung pake kartu apa nih...ada saran buat telp pake kartu apa yang murah kali...

    ReplyDelete

Terima kasih Atas Komentar Anda!

Followers