Friday, July 4, 2008

Mengapa Mereka Sukses Aku Tidak?

Barangkali pertanyaan diatas pernah kita tanyakan dalam diri kita, kenapa mereka bisa sukses aku tidak?
Ya lihat saja disekitar kita, sebagian mereka sangat sukses, memiliki rumah mewah, kendaraan pribadi, usaha maju dan kehidupan yang berkecukupan.

Lalu bagaimana dengan diri kita sendiri? Apa yang salah dengan kita? Kenapa mereka bisa begitu sukses kenapa kita tidak? Apakah mereka sukses dari warisan atau memang usaha dari nol? Atau kitanya yang tidak bisa berbuat banyak karena terbatasnya modal? Atau kendala dengan tingkat pendidikan kita? Atau kendala dengan pekerjaan kita yang hasilnya sekedar buka lubang tutup lubang?

Aku juga sering merenungkan hal ini, coba memahami apa yang salah dengan diriku, cara kerjaku dan caraku mencari nafkah..jika aku melihat hasil mereka, begitu mudahnya membeli sesuatu yang diluar kemampuanku, rasanya memang ada yang salah dengan cara ku mencari nafkah, bukan karena tidak mendapat warisan atau karena pendidikan, tapi sepertinya masalah itu berada dalam diri saya sendiri..

Lihat saja dengan gampangnya mereka memboyong pulang sebuah mobil atau membeli sebuah rumah untuk ditempati, sedang aku? Boro-boro mobil, beli sepeda saja masih pikirkan seratus kali, jangan kan beli rumah, kredit BTN pun masih tidak sanggup, bagaimana aku dikemudian hari bisa seperti mereka itu?

Barangkali pikiran "melihat kehidupan diatas" kesannya tidak bagus karena masih banyak saudara kita yang lain yang jauh kekurangan daripada kita, so kita perlu juga "melihat kebawah" agar bisa mensyukuri apa yang kita punya.

Namun bagiku "melihat ke atas" dan "melihat kebawah" dua-duanya perlu.
Kita perlu melihat keatas untuk mempelajari dan mendorong kita agar tetap bisa semangat dan berusaha lebih kuat lagi supaya kita tidak jalan ditempat dengan kehidupan kita. Kita perlu melihat kebawah agar mendorong kita agar tidak terjerumus dilingkaran itu, syukur-syukur kita bisa meraih hingga keatas sehingga bisa mengulurkan tangan bagi saudara lain yang hidup nya di bawah.

Bagaimanapun waktu terus berjalan, jika kita tidak mempersiapkan dan berusaha lebih keras barangkali kita bisa jatuh kebawah, apalagi kelak dikemudian hari jika kita bakal memiliki keluarga yang makin lama akan semakin besar, agar tetap bisa mempertahankan kehidupan yang lebih baik kita perlu membangun fondasi keuangan dan penghasilan yang kuat dan mampu menopang semua itu.

Jadi mulailah dari diri sendiri untuk membangun fondasi itu, belajarlah lebih banyak dari mereka yang sukses, pelajari cara pikir nya, dan bukalah pikiran agar bijaksana memanfaatkan kemampuan kita mencari nafkah untuk mengubah ke kehidupan yang lebih baik dan lebih maju. Dan yang paling penting tidak putus asa dan selalu memiliki semangat untuk maju, serta perbanyak bergaul agar kita bisa lebih banyak melihat peluang yang terbaik dan sesuai untuk kita masuki sebagai sumber penghasilan kita.

So tanamkan prinsip kenapa mereka bisa aku tidak? Biar kita sendiri tetap termotivasi untuk bekerja lebih keras lagi, karena dari kerja itu kita bisa menghidupi kehidupan kita.

Dan satu slogan yang cukup menarik dan selalu terngiang di telingaku adalah tulisan seorang Robert T. Kiyosaki dibukunya Rich Dad Poor Dad "jangan bekerja untuk uang tetapi buat lah agar uang yang bekerja untuk anda"
Ya walau belum bisa membuat uang bekerja untuk aku karena belum memiliki kemampuan itu, tetapi setidaknya kalimat itu tetap bisa memotivasi diri ini dari dalam agar tetap semangat mencari nafkah syukur-syukur bisa untuk mewujudkannya :)
So apa slogan motivasi hidup kamu?

18 comments:

  1. menurut saya kesuksesan itu akan lebih mudah diraih bila orang tua kita kaya. hanya sedikit yang bisa sukses tanpa dukungan orang tua. jumlahnya pun bisa dihitung dengan jari

    ReplyDelete
  2. menurutku seh tergantung sampai sejauh mana usaha kita. dan aku bersyukur dgn diriku sendiri betapa aku tak pernah mempertanyakan dlm diriku tentang keberhasilan orang lain. hal itu bisa berakibat baik tapi juga buruk bg kita. karena semua akan kembali pd usaha dn kemampuan kita.

    ReplyDelete
  3. wah sudah bs pake embedded comment jg, blog aq koq ga bs dipasangi ya :(

    lhooo ga nyambung :D

    yah saya se7 dg mas ton, liat "atas" "bawah" itu perlu, yg penting jgn biarkan semangat dan motivasi qta kendur di tengah jln.

    ReplyDelete
  4. tergantung orangnya sih, mau nyoba n berani gagal apa enggak...

    :D

    ReplyDelete
  5. buat saya hidup ya begini ini sampe kiamatpun ada yg kaya jg ada yg miskin. bayangin aja kalo semua pada jd direktur sapa yg jaddi karyawan...hancurlah dunia ini klo begitu. ya kita syukuri apa yg kita bisa raih dan lupakan yg tdk bisa kita raih. hanya ttp harus berusaha yg terbaik yg kita bisa saja. nyante aje...

    ReplyDelete
  6. Allah tidak akan merubah nasib satu kaum sampai mereka merubah nasibnya sendiri. So tetap berupaya mencari rejeki yang halal, siapa tau datang rejeki dari langit yang tidak di sangka2?

    ReplyDelete
  7. @iksan...kapan-kapan aku coba itung ya bos :)

    @kristina dian safitry..yup aku rasa memang semuanya terletak dalam diri kita sendir

    @angel..aku coba tutorial di oom, anang dan kang rohman

    @penyu...sippp

    @bilah...itulah hidup kita ada yang diatas ada yang dibawah :)

    @eucalyptus..benar bun, semua bisa terjadi :)

    ReplyDelete
  8. Yang penting ayo kita berusaha keras sambil berdoa, selebihnya biarlah Allah campur tangan ttg bagaimana hasilnya.

    ReplyDelete
  9. bisa koq..semua bisa jadi sukses!!!

    ReplyDelete
  10. kalo saya lebih suka prinsip "kalo orang lain bisa saya pasti bisa juga" daripada "prinsip "kenapa mereka bisa aku tidak" hehe padahal sebetulnya sama aja ya

    ReplyDelete
  11. @ani..setuju sekali mbak :)

    @mike...asal mau usaha saja ya mas :)

    @jimmy..iya seharusnya judulnya begitu ya hehehe..

    ReplyDelete
  12. Siiip deh klo sudah bisa menghasilkan, berarti itu bukti dari kerja keras. Selamat ya?! Yang penting kita tetep berusaha, bekerja keras dan tak lupa berdoa. Apapun prinsipnya.....

    ReplyDelete
  13. @tips blogging..sipp setuju sekali sama pendapatnya :)

    ReplyDelete
  14. semua orang bisa kaya dan sukses bukan dari orang tua yang kaya dan bukan dari pendidikan yang tinggi, bukan pula karena jenius, yang penting adalah IMPIAN yang kuat dan fokus kepada apa yang kita jalankan...
    justru kebanyakan yang dari keturunan org kaya malah kurang fokus hanya menikmati apa yang diberi ama ortunya...(gw ngalamin kok punya pacar orng Kaya repotttttttttttttttttttttttt, haha)

    orang seperti Bill Gates, Robert T.Kiyosaki, dsb bukan berasal dari orang tua yang kaya...

    yang jelas mereka fokus dengan "jadikanlah uang untuk bekerja untuk anda" aku setuju banget ama beliau, "jangan habisakan sisa hidupmu untuk bekerja dengan orang lain dan mencari pekerjaaan tapi jadikanlah orang lain bekerja untuk mu" kayak Henry FOrd..

    AKu juga akan melakukan hal itu walaupun saat ini belum, karena aku ingin membahagiakan Ibuku dan keluargaku

    ReplyDelete
  15. @jovie...wah bagus sekali dan mulia sekali keinginannya mas..semoga bisa tercapai dan terlaksana :)

    ReplyDelete
  16. Silaturahmi, zakat bisa menyuburkan rezeki loh mas.. Dan tentu saja tetap berusaha dan bersyukur.. :)

    ReplyDelete
  17. @tini..thank untuk wejangannya :)

    ReplyDelete
  18. Sepakat juga dengan statemen Mas Tony. Melihat ke atas dan melihat ke bawah itu perlu.

    sekarang pertanyaannya, anda ingin di tarik ke atas atau ingin di tarik kebawah? rekan-rekan disini pasti tahu jawabannya....

    SALAM SUKSES = BLOG MOTIVASI MENTAL =

    ReplyDelete

Terima kasih Atas Komentar Anda!

Followers