Tuesday, July 1, 2008

Modus Baru Pencurian

Ini benar-benar modus baru cara orang yang tidak bertanggungjawab untuk mencuri sesuatu dari sebuah rumah. Hebatnya mereka tidak perlu tunggu hingga larut malam untuk merampok, atau menunggu pemilik rumah lelap atau menunggu pemilik rumah pergi untuk membobol rumah serta merampok isinya.

Mereka bahkan bisa berkenalan langsung dulu dengan pemilik rumah serta bisa mendapat ijin bebas memasuki rumah saat ada pemiliknya. Dan hebatnya pemiliknya bahkan mengijinkan si perampok atau pencuri itu untuk memasuki rumahnya, hingga ke ruangan pribadi sekalipun.

Tetapi disaat lengah ada saja barang yang siap hilang disambar sang pencuri itu. Ini adalah modus baru cara yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab untuk membobol isi rumah seseorang, walau cara ini bukan termasuk menggunakan hipnotis tapi beberapa orang di daerah saya telah menjadi korban "praktek" ini.

Ya cara yang dilakukan oleh mereka yang tidak bertanggungjawab ini adalah dengan berkedok pakaian petugas PLN. Mereka terdiri dari 2 orang yang mengaku dari pihak PLN untuk mengecek kabel-kabel listrik dirumah korban. Saat sang korban menyakinkan bahwa tidak pernah ada masalah dengan listriknya, mereka dengan cukup pandai membuat alasan bahwa PLN memang sedang mengadakan pengecekan berkala sehubungan dengan sering terjadinya hubungan arus pendek yang menyebabkan kebakaran akhir-akhir ini. 
Karena si korban sudah yakin akhirnya dibiarkan lah oknum gadungan itu masuk dan memeriksa hingga ke kamar-kamar pribadi. 
Yang pergi periksa kabel listriknya cuma 1 orang sedang satu nya berjaga-jaga diluar. Setelah dirasakan cukup barulah si gadungan mengatakan tidak ada masalah. Dan melenggang pergi tanpa dosa. Nah selang tidak lama begitu si pemilik rumah hendak mencari handphone nya, kelabakan dia karena ternyata sudah raib tanpa jejak. Dan begitu dia telepon tanya ke pihak PLN, pihak PLN menyatakan tidak pernah ada perintah pengecekan berkala, kalaupun ada tidak akan dilakukan chek sampai kedalam rumah (kamar pribadi). 
Ini hanyalah salah satu contoh kasus yang berhasil mengambil sesuatu dari rumah korban secara terbuka, dan masih ada korban lainnya yang juga mengalami hal yang sama tetapi yang hilang barang yang berbeda.
So, hati-hati, siapa tahu modus ini bisa merambah hingga ke daerah Anda. Kalaupun ada pastikan untuk menanyakan surat tugas resmi dari pihak PLN untuk pengadaan pemeriksaan kabel. Atau hubungi pihak PLN langsung untuk menanyakan apa benar ada pemeriksaan. Dan awasi gerak-gerik petugas tersebut, jika lengah sedikit bisa saja ada yang bakal akan hilang dari rumah Anda! Ingat slogan disalah satu televisi swasta "Ingat kejahatan dapat di cegah" :)

43 comments:

  1. wah kayaknya itu anak buah saya tuch ...sori ton klo kamu yang jadi korban ha..ha..ha...

    ReplyDelete
  2. menegrikan juga ya... ada2 kejadian kayak gini

    ReplyDelete
  3. ampun deh udah pada pinter nih maling-maling, jaman makin edan

    ReplyDelete
  4. waspadalah waspadalah!! kayak bang napi aja hehe :-)

    ReplyDelete
  5. wah musti hati2 ya klo gitu..
    maling itu memang pintar2 makanya kitanya mas ton musti waspada dan jangan lengah.. moga malingnya gak ke tempat saya,he..he..he..

    ReplyDelete
  6. wew, makin kreatip aja maling indonesia...

    :D

    ReplyDelete
  7. ya ampyun skg para penipu, rampok, dkk makin kreatif ya operandinya.. ck ck ck

    kudu extra hati2 niyh klo kek gini.. makasih mas infonya.. berguna banged niyh

    ReplyDelete
  8. Thanks Ton infonya, jadi tahu modus yang beginian. Jadi kita mesti waspada ya.

    ReplyDelete
  9. Ngomong2 kok blog ini adsense yg keluar bahasa Indonesia semua ni.. apa ada trik nya ga ya?

    Kl sy adsensenya mlh keluar iklan public..

    ReplyDelete
  10. semakin pinter aja tuch maling....

    ReplyDelete
  11. jadi bisa ati2 sekarang menghadapi modus baru kek gini.. thanks mas

    ReplyDelete
  12. @iksan...nah ketahuan bosnya ngaku kekekeke..tapi salah nih aku bukan termasuk korban hehehe


    @rizky..aku juga was-was jadinya mas

    @supermance...iya nih kita juga harus lebih waspada kayaknya

    @yudi...iya cocok tuh kasus ini pinjam kata-kata bang napi :D

    @eivengusky..moga2 disana ga ada yang model gini deh mas..meresahkan

    @penyu...iya nih ada aja cara-cara nya buat maling

    @unique...so waspada aja kalo ada yang dari PLN gitu or yang sejenisnya..

    @ani...iya nih siapa tahu merambat ke daerah lain modus gini mbak

    @yusan indera..iya tuh soal kalo ga kita sadar bisa seenaknya dia melengang masuk rumah
    yang adsense perlu YM kalo mau tahu mas :)

    @alim fanani..iya nih kita juga perlu lebih waspada jadinya

    @anang...iya mas aku dengar kabar ini jadi musti waspada setiap saat kalo-kalo nyasar kerumahku

    ReplyDelete
  13. wahh ton artikel kamu menatik tapi kok ga ada jarak antar paragrap ?

    ReplyDelete
  14. adaa aja strategi maling2 ini ya..gile beneerr..

    ReplyDelete
  15. @abi bakar..iya sori nih mas padahal sudah aku kasih jarak per paragraf, tapi kok bisa menyatu ya? soal aku pake draf blogger, sudah aku coba lagi tapi yang bagian bawah tetap menyatu tuh paragraf :(

    @mike...kita perlu lebih waspada dan pasang strategi juga nih mas biar ga kesambar hilang barang kita :)

    ReplyDelete
  16. gak cuma tukang listrik, banyak juga loh sales2 yang pura2 nawarin barang, atau penjual rumah yang kena tipu orang yang ngaku2 tertarik beli rumahnya dan lihat2 dulu

    ReplyDelete
  17. maling2 pada pinter2...soalnya malingnya sekolahnya tinggi2...maling berdasi jg ada..
    aku kl dirmh sendirian kl gk kenal gk bukain pintu....

    ReplyDelete
  18. huee.. serem yaa.. aku pernah denger tuh cerita kayak gini.. tapi tentang kabel telepon gitu.. jadi penjahatnya sebelumnya udah mutusin kabel telepon di rumahnya, jadi pas si korban memeriksa (sebelum kasih tuh penjahat masuk) eh kirain beneran rusak gituu..

    untung rumahku pas di depan pos hansip. hohoho.. kapan yah negara kita bisa damai aman tentram.. :(

    ReplyDelete
  19. Penipu emang gak pernah keabisan akal buat ngakalin orang ya....

    ReplyDelete
  20. @jimmy..sepertinya sekarang ini lebih banyak menyamar ya penjahatnya

    @indah..untung aku buka rental jadi ga pernah sepi rumahku hehehe

    @satona...ya kayaknya kalo yang datang kerumah ga dikenal musti ati-ati walau ngakunya petugas ini itu

    @eucalyptus...kita juga perlu akal nih bun biar ga kena di akalin hehehe

    ReplyDelete
  21. Harusnya tanya dulu, mereka asli apa penipu... (mana mau ngaku!!)

    ReplyDelete
  22. aku bukan penipu dan maling. lho?kok gak nyambung?

    ReplyDelete
  23. @bani biasa...hahaha mana ada penipu mau ngaku hehehe *idem*

    @kristina dian safitry..sama aku juga bukan lho mbak hehehe

    ReplyDelete
  24. Harus tambah waspada neh pada modus seperti ini, biasanya cuma tahu lewat film di tipi

    ReplyDelete
  25. Serem juga... hayo siapa itu NGAKU!!!!

    ReplyDelete
  26. waduh kita harus hati-hati, aku pernah kemalingan gitu dulu, kami semua lagi tidur besok pagi barang-barang raib.

    malahan dompet anakku yang masih umur 5 tahun aja disabet juga. hihi isinya gak ada duitnya.

    ReplyDelete
  27. @putra eka..iya pada kenyataannya ada kejadian seperti itu..

    @zalukhu...sepertinya musti tanya rumput yang bergoyang hehehe..soal pasti ga ada yang mau ngaku nih :D

    @balisugar...wah bisa hilang begitu..lain kali musti awas nih mbak dan moga2 ga terulang lagi deh

    ReplyDelete
  28. Emang mayak tuh pencuri, ada aja ide baru..

    ReplyDelete
  29. aduh, tambah pinter dan nekat aja maling2 sekarang

    ReplyDelete
  30. @diorockout...kita juga harus banyak akal supaya tidak diakali :)

    @kenny..pokoknya kalo sampe kejadian dan ada yg hilang langsung laporkan saja ke yang berwenang..

    ReplyDelete
  31. emang pncuri2 skarang ga ada aturannya..Lhoohhhh!!

    ReplyDelete
  32. @christi...iya tuh sepertinya perlu dibuat aturan ya buat pencuri itu hehehe

    ReplyDelete
  33. wah... ini si om niy... kemarin si om pake baju PLN kan.... hayo...hayo... ngaku..ngaku om.... ngapaen kemarin didepan rumah tetangga gw.... hiks...hiks...


    *kaburrr*

    ReplyDelete
  34. @billah...sampai terkagum-kagum nih mas hehehe

    @masenchipsz..hayoo siapa tuh om yang pake baju PLN??? :D

    ReplyDelete
  35. Wuidih, ganas juga. Rampok juga semakin canggih dan niat (sampe bela2in jait baju PLN segala)

    ReplyDelete
  36. @utchanovsky...iya nekad gitu ya pikiran apapun masuk dah kalo udah punya niat :)

    ReplyDelete
  37. waduh.. syerem amat ya..? orang sekarang makin berani ya..? paling ngeri deh kalo udah pake hipnotis segala.. hiii.. syereem..

    ReplyDelete
  38. @mama shasa shahira...iya aku juga paling ngeri mah soal hipnotis..soal bakal ga sadar pas hilangnya..

    ReplyDelete
  39. Wah, ternyata yang senasib, gue udah kena duluan dua bulan yang lalu.....

    ReplyDelete
  40. @relife..wah pernah kejadian gitu mas? hilang apa mas? lain kali musti waspada nih mas modus ini makin meluas kayaknya

    ReplyDelete
  41. hiiiii... kok nakutin yah bro?? bahaya banget dunk?? wah, mesti cepet2 bilang ke mama..

    ReplyDelete

Terima kasih Atas Komentar Anda!

Followers