Saturday, May 10, 2008

Merayu Page Rangking Google

Page Rangking (PR), icon dari Google adalah sebuah fenomena, dimana hampir setiap pemilik website maupun blog sangat tertarik dan mendambakan gelap ini bisa disandang oleh website/blog nya..
Semakin tinggi Google menghargai nilai suatu blog dari PR ini, semakin terasa istimewa web/blog yang kita miliki.
Namun itu bukan perkara sehari dua hari untuk bisa memiliki gelar ini secara murni. Konon perhitungan algoritma Google yang sampai saat ini sulit ditebak, membuat tanda tanya besar, bagaimana cara tercepat bisa menghadirkan PR ini.
Banyak pihak sudah berusaha memberikan trik-trik supaya PR ini bisa didapatkan, seperti sering update content, memuat content bermutu dan hal-hal lain yang dirasakan sebagai solusi mendapatkan PR.

Namun, dari pengalaman saya pribadi, hal utama untuk merayu Google memberi PR adalah web/blog kita harus mempunyai nama yang bagus dan agak kebarat-baratan..(ini kalau bertujuan memburu PR).
Ya, Google lebih "mencintai" web/blog yang memakai bahasa Inggris menurut saya, barangkali karena memang Google ini asalnya dari sana nya. Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, selama saya membuat blog dan bagaimana PR itu diberikan kepada blog-blog saya.

Sebagai contoh, blog ini (tonijauhari.blogspot.com) sudah ada sejak 6 bulan lalu, sering saya update, saya promo habis-habisan, saya submit keberbagai fasilitas yang konon bisa mendongkrak popularitas, tetapi baru sukses mendapat gelar PR2 pertama kalinya setelah bercokol 4 bulan.
Lalu saya buat blog lain, di www.love-dollar.blogspot.com, dan blog ini jarang di kunjungi, karena jarang saya promosi dan jarang saya update, sering saya telantarkan. Namun blog love dollar ini lebih cepat menggenggam PR, malah langsung PR3.

Nah jika menilik hal diatas, seharusnya jika Google memang pertimbangan utamanya adalah content dan traffic blog, lamanya umur blog dsb sebagai patokan pemberian PR, tentunya pemberian PR3 kepada blog love dollar, dan PR2 kepada blog tonijauhari diatas rasanya terjadi ketidakadilan.
Namun jika alamat blog yang menjadi patokan, masuk akal sekali kalau Google memberi PR3 kepada love dollar ketimbang tonijauhari. Karena Google tentunya lebih mengerti kata love dollar daripada tonijauhari.

So, jika hendak membuat blog pilihlah nama yang bagus, mudah dipahami, dan nyerempet-nyerempet Inggris, sehingga mudah dipahami Google.
Misalnya love dollar mungkin lebih disukai Google daripada cinta dollar.
Dan jangan lupa sesekali posting lah artikel yang menjurus ke layanan-layanan Google, dan berilah teks link ke layanan tersebut, karena Google tentunya senang layanannya kita link. Ya seperti hal nya kita sendiri, jika ada yang memasang dan membicarakan tentang web/blog kita, kita juga senang bukan??
So selamat berekspresi untuk merayu Google agar cepat memberi PR buat web/blog nya, apalagi untuk para pemain paid review yang merupakan senjata utama mendulang dollar :)



Add to: BackFlip, del.icio.us, Digg, Google, iTalkNews, LinkRoll, Lycos, ma.gnolia, Ning, reddit, Simpy, Squidoo

15 comments:

  1. Wah pengalaman yang baik untuk ditiru, coba diaplikasikan untuk blog yang lain juga neh.

    ReplyDelete
  2. oke dech q coba ya awas klo ga berhasil ke ke ke ( just kidding )

    ReplyDelete
  3. hehehe tipsnya ok juga bro, tapi perlu uji kebenaran juga nih hahaha..becanda kok

    ReplyDelete
  4. @putra eka..mudah-mudahan cara ini merupakan salah satu pertimbangan Google menari PR nya..

    @iksan..dari pengalamaku sih tokcer nih mas :) blog ku cepat dapat PR yang memiliki alamat kalimat inggris yg bagus..kebanyakan loncat dari PR0 ke PR3..

    @kristina DIAN safitry..yup, Google juga genit sepertinya jadi perlu dirayu utk ambil perhatiannya :D

    @m2m...coba deh bro dan semoga bisa terbukti hehehe

    ReplyDelete
  5. Aku pengen ganti judul blog ku apa itu memungkinkan ? apa gak bikin mesin pencari pusing ??

    ReplyDelete
  6. @balisugar..kalo blognya sudah eksis jangan di utak-atik lagi, kalau ganti alamat akan dianggap blog baru, dan semua halaman yang terindeks juga popularitas blognya kembali ke nol semua

    ReplyDelete
  7. Aku malah nggak pernah memikirkan apapun yang berkaitan dgn PR, pokoke ingin posting ya posting... makanya PRnya naik turun ya oke saja deh

    ReplyDelete
  8. @ani..aku peduli banget sama PR mbak, soal ngaruh banget sama bisnis paid review ku :) selain itu aku tidak begitu peduli in..soal modal utama paid review ya PR ini :)

    ReplyDelete
  9. page ranking emang bukan yang utama..tapi dengan PR tinggi posisi blog di search engine juga semakin bagus..semoga PR nya semakin bagus mas toni :)

    ReplyDelete
  10. @oom..setuju om, tapi selain itu PR adalah modal utamaku yg bermain di PPP :) Aku rasa kalo Google update PR lagi punya aku pasti di gebuk nol lagi, soal aku review banyak :)

    ReplyDelete
  11. rasanya nama dalam bhs inggris tdk terlalu pengaruh deh mas. soalnya saya liat banyak blog non english jg bisa dpt PR 6 bahkan 7 padahal dalam bhs turki tuh. saya barusan dpt buku ttg how to be 10 ten in google. ntar abis baca saya buatin artikelnya :)

    ReplyDelete
  12. Billah 9...iya mas maksudku bukan isi blog nya yg Inggris tapi alamat blog nya..memang yg Indonesia banyak dapat PR tinggi tapi mungkin lama jangka waktunya..kalo pake alamat inggris yg bagus dan disukai google barangkali untuk dapat PR nya cepat mas..
    Aku tunggu nih ulasannya..utk tambah ilmu berburu PR :)

    ReplyDelete
  13. ah mikirin PR tuh pusing, mending dilupakan ajah hehehehe yang penting post terus...

    ReplyDelete
  14. @zopie..aku perlu PR hanya untuk paid review aja mas..soal itu modal utama bisa sukses di review :)

    ReplyDelete

Terima kasih Atas Komentar Anda!

Followers