Sunday, March 9, 2008

Mie Dan Kesehatan


Suka makan mie? Mungkin hampir tiap orang pernah meng-konsumsi yang nama nya mie itu. Selain rasanya yang enak juga cara memasaknya yang mudah dan praktis, so kadang bagi yang buru-buru karena satu keperluan dan biasa tidak sempat sarapan nasi, maka mie menjadi alternatif untuk sarapan. Tapi apakah sehat mengkonsumsi mie itu?
Menurut Ir. Marzuki Iskandar, MTP, ahli gizi dari Akademi Gizi Politeknik Kesehatan Jakarta, mie merupakan sumber karbohidrat. Mengkonsumsi mie sebanyak 100 gram energinya sekitar 400 kalori yang bisa memenuhi kebutuhan energi total orang dewasa sekitar 2000 kalori per hari.
Serat yang terkandung didalam mie yaitu sedikit protein, lemak, mineral (kalsium, fosfor dan Fe).
Mie secara garis besar sangat kurang mengandung serat, jadi jika suka makan mie agar tetap memperoleh asupan gizi yang cukup sebaiknya ditambahkan telur, sayur, bakso dsb.

Menurut dr. Asti, dokter spesialis gizi Hang Lekiu Media Center Jakarta Selatan, sebaiknya anak-anak jangan terlalu banyak mengkonsumsi mie instant, karena instan biasanya banyak mengandung natrium (terdapat pula pada produk instan lain dan fast food), yang merupakan sumber penyakit hipertensi.
Anak-anak sebaiknya dibatasi konsumsi mie instan setidaknya satu minggu sekali dan perlu ditambahkan bahan makanan lain yang mengandung protein, vitamin dan mineral.
Sedang untuk orang dewasa mie juga sebaiknya dibatasi untuk dikonsumsi terutama mie instant, karena serat yang terkandung dalam mie sangat sedikit dan bahkan tidak ada.

Nah tidak hanya itu saja yang perlu diperhatikan. Tetapi memilih mie yang sehat adalah faktor utama juga agar bisa memperoleh manfaat dari meng-konsumsi mie tersebut.

Berikut beberapa tips untuk mengenal Mie yang sehat dan aman :


a. Cium aroma mie, jika beraroma tajam dan menyengat berarti mengandung formalin
b. Saat merebus mie uap yang keluar akan terasa perih dimata jika mengandung formalin
c. Jika warna mie mencolok dan saat dicuci atau direbus tidak berubah warna diduga mie tersebut ditambah pewarna sintetis.
Nah semoga tips ini bisa membantu Anda yang suka mengkonsumsi mie tanpa kehilangan dari asupan gizi yang bisa diperoleh saat meng-konsumsi mie.(kuliner)

Gambar diambil dari sini



12 comments:

  1. Thankyu tipsnya, jd hati2 kalo milih mie yg sehat.

    ReplyDelete
  2. mm....gitu yah?? tapi kalo mie instan gtu mas, aq ga pernah nyuci, n ga pernah naro muka aq diata uapnya, gmn tuh?

    ReplyDelete
  3. thanks ya kk...aku suka maem mie kadang2 tp klo mie instan dach jarang bngt

    ReplyDelete
  4. @dzofar...ya bagusnya begitu deh, tapi aku juga nih kalo makan mie ceroboh banget :)
    @Ngga..kayaknya mie instan ga bakal ada formalin deh karena udah diperiksa pihak pemerintah terkait :) so pilih aja yang udah "lulus sensor"
    @Gelly...aku malah lebih banyak konsumsi mie instan..tapi sekarang udah dikurangi

    ReplyDelete
  5. Wah tips yang bagus, kbetulan saya suka banget makan mie walopun lagi tahap mengurangi dan itu susa banget..makasih tipsnya..bermanfaat bgt ^_^

    ReplyDelete
  6. Mie instant kesukaan saya lho... susah tuh ninggalin kebiasaan makan mie instan

    ReplyDelete
  7. @Monica...iya kalo suka mie sulit banget hilangin konsumsinya..tapi kalo mo usaha keras pasti bisa, setidaknya di kurangi :)
    @Eucalyptus.. Sama bun, aku juga suka lho..coba aja jangan stok mie instan di rumah..aku dulu stok 1dus, tiap liat jadi nafsu..eh pas udah ga stok pun udah jarang konsumsi lho bun :)

    ReplyDelete
  8. mie instan memang uennnaaak...apalagi yg mie goreng hehehhe.....tapi gak bisa banyak2 ya...bikin penyakit

    ReplyDelete
  9. kebetulan sy kurang suka makan mie instan..takut ketagihan,he..he..he..

    ReplyDelete
  10. Kirain mie nya itu bakmi hohoho, soalnya doi aku demen banget makan bakmi, tapi untunglah kita udah bisa lepas dari yang namanya mie instant. Sebulan paling 1-2 kali makan mie...

    ReplyDelete
  11. @Sacroel..tapi di Jepang mie makanan fav bukan Roel?
    @Eivengusti..bagus sih gitu :) soal mie juga kayaknya bisa bikin perut jadi buncit :D
    @Lisan Skywalker...yap tips paling bawah aku rasa lebih cocok untuk diterapkan di bakmi deh

    ReplyDelete
  12. thanks bgt infonya ..emang mie itu makanan palaing praktis untuk dimakan dan rasanya juga enak tapi bahayanya juga banyak..

    ReplyDelete

Terima kasih Atas Komentar Anda!

Followers