Thursday, March 13, 2008

Antara Page Rangking dan Paid Per Post

Bagi yang mengikut program penghasil duit lewat internet, seperti Sponsosedreviews, Blogvertise, Smorty, Paid Per Post, Bloggerwave, blogging ads, dsb, tentu tahu dampaknya pada Page Rangking (PR) dari Google.
Begitu Google mendeteksi postingan kita yang mengandung paid post tersebut, siap-siap saja menerima akibatnya berupa penurunan PR. Ini saya alami pada salah satu blog saya yang turun dari PR3 ke PR0.
Sebelum mengikuti program ini PR3 blog saya stabil pada angka 3 selama 3 bulan, namun baru setengah bulan mengikuti paid per post, PR3 mendadak menjadi PR0.

Google dikabarkan 'tidak senang' dengan program paid per post ini karena tidak menunjukkan kemurnian hasil postingan kita. Sehingga mereka sangat anti dengan program ini, yang dibuktikan dengan penurunan PR begitu mendeteksi postingan yang mengandung program ini.

Nah lalu apa hubungannya PR ini dengan program paid per post itu?
Pada awal saya join program ini saat PR masih 3, hampir setiap hari saya bisa mendapat 'job' dari program yang saya join. So, saya bisa menghasilkan lumayan banyak dari program ini. Tapi semenjak PR jadi nol, tidak ada 'job' lagi yang sudi mampir di blog ku, begitu juga tidak ada tawaran lagi dari advertiser untuk dimuat di blog ku..jadi pengaruh PR ini sangat besar dampaknya terhadap penghasilan dari program ini. Semakin besar PR semakin tinggi advertiser berani membayar kita. Begitu sebaliknya.

Setelah mengkaji lebih dalam, mungkin beberapa faktor yang perlu diperhatikan jika ingin mengikuti program ini :

1. Jika ingin bergabung, usahakan daftarkan blog/web yang telah ada PR nya, jika PR0 didaftar walau di approve, akan sulit dapat job, kalaupun ada nilainya kecil. Tapi jika ingin sabar tidak masalah, tunggu hingga dapat PR

2. Jangan mendaftarkan satu blog/website untuk beberapa program ini, usahakan mempunyai beberapa blog/web, jadi daftarkan satu blog/web pada satu program saja. Ini supaya postingan tidak dipenuhi paid per post pada satu blog/web, jika itu yang terjadi akan memudahkan di deteksi oleh Google.

3. Jika sudah meng-posting satu artikel paid per post, usahakan 2-3 postingan berikutnya murni tulisan kita. Karena saya rasa ini bisa mengurangi kecurigaan Google atas postingan kita

4. Jangan terlalu munafik untuk terus meng-posting artikel-artikel paid per post karena mengejar target tawaran dari advertiser..kalau tidak memungkinkan sebaiknya reject tawaran advertiser. Jika semua di ambil sekaligus, dan posting terus menerus memang fulus dapat banyak, tapi siap-siap PR turun. Jika PR turun akan sulit dapat job lagi. Dan penghasilan bakal turun.

5. Sebaiknya utamakan PR dulu, baru paid per post. So, 'pelihara' baik-baik PR nya, jika PR sudah tinggi, advertiser berani membayar lebih besar lagi, sehingga bisa meningkatkan penghasilan dan lebih mudah dapat 'job'.

6. Postinglah sesuai permintaan advertiser. Memang advertiser senang dan cepat approve jika kita bisa memberi link melebihi yang diminta advertiser. Advertiser senang tapi Google tidak senang, dan ini cepat menurunkan PR. Jangan takut di reject advertiser, jika kita posting sesuai permintaan pasti di approve.

7. Hindari mencari 'job' yang berhubungan dengan judi. Biasa tawaran advertiser judi ini cukup menarik dan mudah di approve. Tapi jika blog/website kita banyak postingan jenis ini, advertiser lain akan segan memberi job untuk blog/website kita, dan itu bisa membuat citra blog/web kita buruk di sudut pandang mereka.

Nah itu saja yang bisa saya sarankan bagi yang berminat mengikut program penghasil dollar. Untuk yang sudah senior-senior, jika ada yang salah pada saran-saran saya diatas, saya mohon dilurus kan, dan bisa memberi masukkan pada komentarnya, sehingga kita bisa sama-sama berbagi informasi untuk mendapat cara terbaik menghasilkan dollar tanpa mempengaruhi PR blog/web kita.



4 comments:

  1. Bener sekali mas tony..PPP bikin PR anjlok, itu yang membuat om ragu memasangnya..sebaiknya buat blog yang baru aja, biarkan blog utama hanya untuk full blogging :)

    ReplyDelete
  2. hikss, emang bener mas harus punya cadangan blog lain :(

    ReplyDelete
  3. waduh udah terlanjur nih mas..gimana tuh..tapi lon sempat posting,,karena banyak job jadi bingung..kok google gitu sih,,,gak berani bersaing berarti

    ReplyDelete

Terima kasih Atas Komentar Anda!

Followers