Thursday, July 8, 2010

Final Piala Dunia 2010 : Prediksi Belanda vs Spanyol

Final Piala Dunia 2010


Prediksi Belanda Vs Spanyol

Pertandingan menuju final piala dunia 2010 yang sangat dinanti akhirnya tiba dengan bertemunya dua team yang akan berduel habis-habisan dalam sebuah pertandingan menuju juara dunia. dua team digdaya itu adalah team Belanda (Oranje) dengan Spanyol (Matador) yang sukses melangkah ke final setelah menyingkirkan kontestan-kontestan di piala dunia Afrika kali ini.

Tentunya pertandingan kali ini banyak hal yang akan di perhatikan, ini dikarena banyak prediksi sebelumnya yang menyatakan bahwa team yang difavoritkan menuju babak final yaitu Jerman vs Belanda atau pun Spanyol vs Uruguay tapi kenyataan berbica lain dengan lolosnya Belanda dan Spanyol menuju final. Nah, inilah pertandingan yang kelak akan melahirkan Juara Piala Dunia Baru di tahun 2010 ini.


Prediksi Belanda

Robben memiliki reputasi buruk untuk masalah diving ketika masih bergabung dengan klub Premier League Chelsea. Namun ia sepertinya berhasil membangun kembali reputasi yang kembali mencuat menyusul penampilannya bersama De Oranje pada laga perempat final melawan Brasil.

Dalam final nanti, Robben sepertinya akan berfungsi sebagai salah satu senjata utama bagi tim oranje yang diharapkan mampu menjebol gawang Casilas.

Prediksi Spanyol

Xavi Hernandez gelandang asal Spanyol ini kelihatannya akan berambisi mengejar dua gelar Euro 2008 dengan Piala Dunia 2010 kali ini. Ia pun sepertinya tidak sabar lagi menantikan final piala dunia ini dan berharap dapat membawa pulang piala dunia kali ini sebagaimana ia sukses memboyong Piala Eropa 2 tahun lalu.

Xavipun menaruh rasa optimis yang tinggi agar Spanyol bisa mengikuti jejak Prancis yang sukses menyandang dua gelar bergengsi dalam 2 tahun, Piala Dunia 1998 dan Euro 2000.
“Ini saatnya Spanyol menjuarai Piala Dunia. Semuanya pemain hampir sama dengan juara Euro. Hanya sedikit yang berubah. Ada beberapa pemain berbeda. Begitu juga dengan pelatih. Tapi, filosofi dan pola permainan masih sama,” kata gelandang Barcelona ini.


Belanda sendiri diyakini akan tampil dengan ngotot demi menghilangkan pandangan sebagai “juara tanpa mahkota”. Laga final kali ini juga merupakan pertandingan terbaik yang pernah di capai oleh “The Flying Dutchman” setelah 32 tahun lalu, dimana pada saat itu mereka terakhir kali mencapai ke partai puncak pada Piala Dunia 1978 di Argentina.

Sementara Spanyol juga akan tampil ngotot dan bermotivasi tinggi saat bentrok di Soccer City Stadium, Senin (12/7/2010) dini hari WIB. Selain karena ini merupakan final yang berhasil mereka capai pertama kali, Spanyol juga berambisi untuk mengikuti jejak Prancis yang berhasil merebut gelar Juara Dunia 1998 dan Euro 2000. Spanyol yang pada 2008 lalu sukses menjadi juara Eropa kini bertekad meraih trofi piala dunia dengan trofi Jules Rimet di 2010.

Menilik sejarah pertemuan kedua team, baik Belanda dan Spanyol belum pernah bertemu di pertandingan resmi seperti Piala Dunia atau Euro. Tapi, menurut data yang dikutip dari Soccerbase, kedua tim telah sembilan kali bertemu, dengan statistik Belanda dan Spanyol sama-sama mengoleksi empat kemenangan dan sekali seri.

Pertempuran dua poros kekuatan Eropa ini terjadi pada Olimpiade 1920/1921 di Antwerp Belgia. Saat itu, Spanyol berhasil membukukan kemenangan pertamanya atas Belanda dengan skor 3-1.

Duel kedua kedua tim terjadi di laga persahabatan pada laga uji coba di Santiago Bernabeu, 30 Januari 1957. Saat itu, Spanyol yang berstatus tuan rumah harus bersusah payah mengalahkan Belanda. Setelah bermain imbang 0-0 selama 90 menit, La Furia Roja akhirnya menang 5-1.

Di pertemuan ketiga yang lagi-lagi terjadi dalam sebuah laga uji coba, Belanda berhasil membungkam Spanyol 3-2 di Amsterdam, 2 Mei 1973. Pada duel uji coba keempat di Balaidos, 23 Januari 1980, Spanyol kembali berhasil membalas kekalahan berkat kemenangan 1-0.

Pada tahun 1983, kedua tim bentrok di babak kualifikasi Euro 1984 di Prancis. Dalam dua kali pertemuan home & away, kedua tim saling mengalahkan. Spanyol yang mendapat kesempatan menjadi tuan rumah pertama, berhasil membungkam Belanda 1-0 di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan. Sementara pada laga away di Rotterdam, Belanda berhasil membalas dengan kemenangan 2-1. Namun, karena kalah agresifitas gol tandang, Belanda harus tersingkir dan gagal lolos ke putaran final. Sementara Spanyol yang lolos, finish di sebagai runner-up, kalah dari Prancis di final.

Selebihnya, kedua tim sempat tiga kali bersua di ajang uji coba. Pada 1987, kedua tim bermain imbang 1-1, sementara pada 2000, Belanda menang 2-1. Di pertemuan terakhir pada 27 Maret 2002 lalu, Belanda kembali berhasil menaklukkan Spanyol dengan skor tipis 1-0 lewat gol tunggal legendanya, Frank De Boer di Rotterdam. Nah, di pertemuan ke-10nya di final nanti, siapakah yang keluar sebagai juara?
(berbagai sumber)

4 comments:

  1. aq dukung belanda aja deh...,

    soalnya spanyol udah ngalahin jermanku. hi hi hi :-)

    ReplyDelete
  2. ahhh.. yg gw dukung sdh KO.. hiburan aja nh..
    intip2 blog ku ya.. TQ

    ReplyDelete
  3. Belanda pasti juara.. Salam kenal kawan.. Visit my new blog ya.. Pemula ne.. Thanx..

    ReplyDelete

Terima kasih Atas Komentar Anda!

Followers