Wednesday, April 16, 2008

Custom Domain

Sebelumnya blog ini telah sukses saya kustom domain dari alamat blog saya http://tonijauhari.blogspot.com menjadi http://tonijauhari.com. Kustom domain ini atas jasa dari tokositus.com dengan biaya $12 (saya bayar via Paypal) untuk biaya registrasi 1 tahun, saya hanya terima beres saja dan tinggal mengarahkan blog saya di settingan custom domain di blogger. Menurut saya pelayanan tokositus cukup memuaskan, karena setiap keluhan saya mendapat respons baik.
Namun dampak dari mengganti alamat URL blog saya ke http://tonijauhari.com atau http://www.tonijauhari.com ternyata sangat berpengaruh pada hasil search engine (saya coba search pakai Google nol result), Page Rank menjadi PR0, status Tecnorati authority 1 rangking 5jutaan, Google webmaster tools status jadi error, site map error, dan Alexa drop..

Update : setelah baca petunjuk oom pada komentar dibawah ini akhirnya aku pindahan dari www.tonijauhari.blogspot.com ke tonijauhari.com


Atas pertimbangan itu maka saya urungkan niat memakai alamat URL baru walau sebenarnya lebih sreg karena tanpa embel-embel blogspot.
Tapi aku lebih mementingkan popularitas blog daripada menghilangkan blogspot dari URL blog, maka aku urungkan niat mengcustom domain blog ini. Dan aku alihkan ke blogku yang lain.
Jika ada yang berminat memiliki domain sendiri dari blogspot menjadi domain tetapi tidak mengerti cara-cara nya bisa coba berkunjung ke www.tokositus.com utk merealisasikan keinginan kamu.
Kalau bisa saran sih sebaiknya kalau hendak merubah ke domain gunakan blog yang baru saja dibuat agar tidak berpengaruh banyak pada popularitas blog jika dibanding menggunakan blog yang sudah eksis. Tapi itu terserah deh, kalau memang lebih menginginkan punya domain sendiri tanpa melihat popularitas blognya silakan di coba.
Atau jika ingin belajar sendiri bagaimana membuat domain sendiri bisa berkunjung ke blog oom, karena tutorial beliau cukup lengkap tentang masalah ini dan mudah di ikuti.


Add to: BlinkList, del.icio.us, Digg, Furl, ma.gnolia, reddit, Simpy, Spurl, BackFlip, Bibsonomy, BlinkBits, BlogMarks, BlogMarks (alt.), CiteUlike, Connotea, Diigo, DZone, EarthLink MyFavorites, EatMyHamster, Fantacular, Fark, FeedMarker, FeedMeLinks, Furl (alt.), Google, Gravee, igooi, igooi (alt.), iTalkNews, Jookster, Jots, Kinja, Linkagogo, LinkRoll, linuxquestions.org, LookMarks, Lycos, ma.gnolia (alt.), Markabboo, Netscape, Netvouz, Newsvine

8 comments:

  1. jadi ceritanya nggak jadi nih ? Berarti punya blog baru nih yee?

    ReplyDelete
  2. Jadi tetep yang blogspot ya Ton?

    ReplyDelete
  3. akhirnya gimana bung? gak jadi pindah dong..? :)

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya tidak ada masalah mas toni untuk custom domain asal bersabar semua pasti kembali seperti semula.

    1. Google akan transfer Page ranking ini bisa dilihat pada domain om

    www.o-om.com
    o-om.com
    o-om.blogspot.com

    ketiga url diatas mempunyai PR yang sama. jadi gak perlu kawatir kehilangan page ranking,
    semua proses akan normal kembali setelah update page rank


    2. mengenai index google ini cuma berlangsung 1 hari, asal segera mengubah site map di google webmaster
    pake http://tonijauhari.com/atom.xml

    3. Untuk tehnorati dan google backlink mau gak mau harus kehilangan link..om juga terpaksa kehilangan sekitar 400 link

    semoga membantu mas tony :)

    ReplyDelete
  5. @kristina dian safitri..makanya apa mbak??

    @Ani, Eucalyptus, Eiven gusti..akhirnya setelah baca petunjuk oom, serta pertimbangan blogspot akhir2 ini sulit diakses akuresmi lagi pindah ke domain ku

    @Oom..terima kasih wejangannya om, jadi kalo gitu aku pake kustom domain deh jadi blog ku sekarang jadi tonijauhari.com

    ReplyDelete
  6. Waduh,mas.Jadi gak ya pindah.baca pengalaman mas jadi bingungdeh aku.... Makasih buat pengalamannya ya mas ...

    ReplyDelete
  7. @MICK...aku udah pindah nih mas, emang berat rasanya melihat statistik blog kalau pindah jadi domain..tapi kalau gak mulai sekarang tetap aja gak bisa jadi in blog sebagai domain..jadi ambil resiko deh..lagian pengunjung tetap biasa kok mas, karena kalo masuk ke alamat lama di arahkan ke domain baru kita..

    ReplyDelete

Terima kasih Atas Komentar Anda!

Followers