Sunday, December 19, 2010

Dukung Indonesia Juarai Piala AFF 2010

Jakarta - Piala AFF edisi 2010 dipastikan memunculkan juara baru setelah Malaysia mendepak Vietnam di semifinal. Menilik kemenangan Indonesia atas Filipina dan Malaysia, adakah ini jadi momen juara Pasukan Merah Putih?

Sejak pertama kali diselenggarakan tahun 1996 silam, tercatat cuma 3 negara yang pernah meraih gelar juara Piala AFF. Thailanda dan Singapura sama-sama mendominasi dengan tiga gelar, sementara Vietnam kebagian sekali.

Di tahun 2010 ini ketiga negara yang pernah juara tersebut sudah tersingkir, yang membuat dipastikan munculnya Raja Baru Asia Tenggara. Thailand secara mengejutkan tersingkir di fase Grup A, pun begitu dengan Singapura yang kalah bersaing dengan Filipina di Grup B. Sementara sang juara bertahan semalam ditundukkan Malaysia dengan agregat 0-2.

Jadilah Indonesia, Malaysia dan Filipina punya kans untuk merasakan gelar juara untuk kali pertama. Peluang yang bisa jadi lebih besar memihak Indonesia.

Dikatakan memihak Indonesia karena anak didik Alfred Riedl sudah berbekal kemenangan tandang atas Filipina dengan skor 1-0 di semifinal pertama. Malam nanti Firman Utina cs tinggal butuh hasil imbang untuk melangkah ke final.

Jika skenario itu terwujud, laga menghadapi Malaysia di partai puncak layak dipandang positif oleh timnas Indonesia. Selain rekor pertemuan yang lebih baik, di fase grup lalu Indonesia berhasil mengalahkan tetangga dekatnya itu dengan sor telak 5-1.

Semudah itukan Indonesia bisa memenangi Piala AFF pertamanya? Tentu saja tidak.

Indonesia harus ingat kalau Filipina tampil sangat meyakinkan di pertandingan pertama lalu, pemain keturunan yang mereka miliki jelas-jelas merepotkan pertahanan yang dikawal Maman Abdurahman dkk. Menyebut leg kedua sebagai laga kandang pun sepertinya percuma, toh di pertandingan pertama, yang merupakan laga kandang Filipina, skuad besutan Simon McMenemy tampil lepas dan tanpa beban di depan lebih dari 70.000 fans Indonesia.

Malaysia juga tak bisa disepelekan begitu saja, andai Indonesia akhirnya melangkah ke final. Timnas harus ingat kalau saat Malaysia kalah telak di pertandingan fase grup banyak pemainnya yang mengalami cedera.

Status Malaysia sebagai salah satu tim Asia Tenggara yang masuk putaran final Asian Games jelas jadi raihan yang tak bisa dipandang remeh. Apalagi Malaysia mampu melangkah sampai ke babak kedua, sebelum dihentikan Iran dengan skor 1-3.

Menyusul terdepaknya tim-tim unggulan dan mantan juara, peluang Indonesia jadi kampiun terbuka sangat lebar. Syarat yang harus dipenuhi punggawa timnas untuk bisa mewujudkannya adalah tetap fokus dan melupakan euforia kemenangan di laga sebelumnya karena masih ada tantangan besar menunggu.(detik)

16 comments:

  1. Maju Terus Sepakbola Indonesia, Saya Yakin Indonesia Pasti Bisa Bersaing di Ajang Sepak bola Bergengsi ini.

    ReplyDelete
  2. Terbang tinggi garudaku... diskon gila disdus.com

    ReplyDelete
  3. harapan gw sih indonesia pasti juara.....liat aja permainannya...apalagi waktu leg 2 lawan philipines....wuuu mantap tuenan rek....serangan ngotot bgt....canggih ......solid,walau markus sering banget bikin kesalahan yang hampir-hampir.....bikin repot...wkwkwkw, keep winning to my garuda

    ReplyDelete
  4. Optimis dan percaya diri, tapi tetap terus waspada. Kamu pasti bisa.....

    ReplyDelete
  5. Beberapa tahun yang telah di lewati oleh Timnas kita boleh gagal..dan kenyataan begitu..namun untuk tahun ini saya yakin bin hainul yakin pasti menang , baik main di Kuala Lumpur skor tipis 1-0 dan di Jakarta pasti tim malaysia hancur...perlu bukti...

    ReplyDelete
  6. maju terus GARUDAKU kepakan sayap mu di angkasa,
    bantai malaysia dengan skor telak..
    bawa piala AFF ke bumi pertiwi..

    ReplyDelete
  7. Boleh sekarang Tim Malaysia berkoar ingin membalas kekalahan 1-5 tapi kenyataan pasti dan pasti..tim anda kalah...Viva Indonesiaku...

    ReplyDelete
  8. go indonesia...gooooo.goooooo.goooooooooooooooooo

    ReplyDelete
  9. aq yakin kini saatnya Indonesia jadi juara.... garuda di dadaku... garuda kebanggaanku....

    ReplyDelete
  10. semoga di tahun ini piala AFF di menangkan oleh indonesia,,, maju terus indonesia ,,, salam kenal aja gan

    ReplyDelete
  11. Tahun 2010 ini bangkitnya timnas garuda indonesia untuk meraih juara di piala aff suzuki cup, Indonesia Juara!!!!!

    ReplyDelete

Terima kasih Atas Komentar Anda!

Followers