Saturday, May 17, 2008

Praha Blogger Sombong Dan Blogger Datar

Pernah jalan-jalan ke blog tetangga? Istilah kerennya blog walking? Terus ketika mampir di blog yang cukup eksis dan sukses memiliki Page Ranking (PR) tinggi, berminat tukaran link atau xchange link dengan blog kita yang ber PR0 tersebut?
Tetapi betapa sakit hatinya bukan, jika ketika pihak pemilik blog PR tinggi tersebut malah cuek dan tidak bersedia tukaran link dengan blog kita yang statusnya PR0(nol).

Blogger sombong, mungkini pikiran itu yang muncul.
Memang benar untuk menjadi seorang blogger yang baik tentunya kita harus ada komunikasi dan sosialisasi sesama blogger lain, seharusnya kita harus bisa memenuhi permintaan semacam itu, karena hal itu mudah dilakukan karena tinggal masukan link seseorang beres. Tetapi kenapa sebagian yang telah memiliki PR tinggi enggan memberi link balik terutama kepada blog PR0?

Barangkali bagi yang ngeblog sistemnya datar, artinya tujuan dia ngeblog hanya sebagai tumpahan unek-unek, sekedar dia berbagi cerita dan pengalaman dan tidak memiliki satu tujuan khusus. Blogger datar tipe ini pasti begitu kita ajak tukaran link bisa di penuhi, dan dikategorikan sebagai blogger ramah dan baik :)
Tetapi bila pada kasus di atas, yang mungkin kita cap sebagai blogger sombong, mungkin juga perlu kita pelajari kenapa mereka tidak mau melakukan pertukaran link, apa benar mereka sombong? Atau karena hal lain?

Barangkali yang tipe "sombong" ini, adalah mereka yang sedikit mengenal lebih banyak dunia SEO (Search Engine Optimization), dan memberi porsi lebih pada "hukum" SEO terhadap blog mereka sehingga popularitas blog sangat penting bagi mereka, apalagi yang memanfaatkan PR untuk tujuan tertentu.

Link farm, mungkin masalah ini yang telah menimbulkan kesombongan itu, link farm ini cukup menakutkan di dunia SEO, terutama dari Google. Untuk pastinya mengenai link farm itu, saya juga kurang memahami. Namun dari penelusuran mengatakan link farm ini adalah suatu web atau blog yang terlalu banyak memberi link atau tautan keluar, dan berbahaya jika mendekati 100 tautan keluar.
Dalam dunia SEO. link farm ini adalah sosok yang menakutkan, karena sekali blog kita menyandang predikat ini, maka (terutama) Google, akan melakukan upaya untuk "menyingkirkan" hasil pencarian pada mesin pencarinya. Bukan itu saja dampak link farm ini, karena blog lain yang memberi tautan balik kepada blog berstatus link farm ini juga akan mendapat dampak yang sama. Dan paling buruk bisa terjadi banned jika blog yang kita pakai adalah layanan dari Google itu sendiri.
Biasanya blog yang bisa dicurigai sebagai blog link farm yaitu blog yang memiliki link keluar sangat banyak tetapi ber PR0, serta sudah eksis lama dan memiliki sedikit pengunjung.
So, barangkali jika kita pun mengenal baik istilah link farm ini, kita bisa memaklumi istilah blogger sombong itu, karena mereka barangkali datang ke blog kita untuk melihat statistik blog kemudian baru memikirkan memberi tautan balik atau tidak.
Sebab jika mereka yang ber-PR tinggi ini memberikan link kepada blog yang PR0, yang ternyata blog link farm, PR dia juga bakal di copot Google, dan akan sama situasinya dengan blog PR0 tersebut.

Add to: BackFlip, BlinkBits, BlinkList, del.icio.us, Digg, ma.gnolia, reddit, Squidoo

61 comments:

  1. Iya bung kadang gw merasa kek gitu juga, tapi kadang cuek aja seh... coz gw yakin suatu saat nanti mereka sendiri kok yg datang ke blog gw trus minta gw yg add dia... hahaha pede aja kaleee''... hehehe

    kalo teman sesama blogger juga udah meraas bosan ama kita, udah malas datang ke blog kita, itu kenapa yah?

    gw ngerasa udah banyak teman blogger gw yg dulu akrab banget trus skarang malah mulai menjauh tus kagak nongol nongol lagi di blog gw... hikzz...

    ReplyDelete
  2. klo q bukan blogger sombong lho klo ada yang mau tukeran link silahkan q turutin

    ReplyDelete
  3. @the armstrong...mas aku rasa bukan mereka gak mau mampir...tapi jujur, mungkin pengaruh blog mas yang berat jadi susah loading..saya saja perlu hampir 1 menit untuk loading halaman blog mas..so coba deh animasi dan gambar-gambar dikurangi..biar enak aksesnya

    @iksan...berarti masuk kategori blogger datar hehehe

    ReplyDelete
  4. wah .. kalo pean termasuk blogger yang mana mas ..??

    ReplyDelete
  5. info yang bagus, tapi icha kok bingung yah.... agak ga ngetri.. ayo tambah lagi infonya :D:D

    ReplyDelete
  6. Yg sombong cuekin aja Ton, gak butuh2 amat kan? Masih banyak blogger2 yg ramah kok

    ReplyDelete
  7. mas ton kalau saya sih termasuk yang ngeblog sistem datar gak pake sombong,hehehe..

    ReplyDelete
  8. @tintin...kalo aku? Mungkin tergantung blogger lain kasih penilaian deh...tapi jujur nih kadang pas bad mood ngeblog dan utak atik template, kadang yg ajak tukaran link bisa aku cuekin nih..tapi pas lagi fresh..sekali di ajak tukaran link pasti langsung di pasang..so yg pas gak ku link saat bad mood pasti liat aku sebagai blogger sombong, yg pas langsung ku link pasti liat aku sebagai blogger datar :)

    @devita..yang agak kurang ngerti bagian mana nih sis? Mungkin kalo aku paham bisa ku perjelas :)

    @eucalyptus..aku juga begitu bun, yang penting aku ajak tukaran link..kalo gak dipasang ya ku cuekin ..lagian bener masih banyak blogger lain :)

    @eiven gusky...moga-moga selalu selamanya begitu hehehe

    ReplyDelete
  9. Siapa yang mau tukeran dengan PR0??? klo bagiku PR sama sekali gak penting. liat aja dari awal maen PR ku tetep 0,klo ada mau masang link di blog ku ya tak pasang klo g y gpp.bukan nya sombong,tapi aku lebih seneng dikasih koment.karena klo coment rasanya nya dihargai banget.

    ReplyDelete
  10. iya deh, kadang2 aku juga menghadapi masalah yang sama..hehehe...tony tambah lagi ayatnya...bloggers kayak bodo tp sombong...keras juga ayatku..hikhik...

    ReplyDelete
  11. @anak berbakti...iya setuju mas..rasanya postingan kita jadi lebih hidup kalo dihiasi comment, so sering2 comment di blog lain cara jitu dapat comment :)

    @bash...hehehe iya lumayan keras nih sepertinya kalo di bilang begitu

    ReplyDelete
  12. trus mungkin yg page rank tinggi itu kan tiap hari banyak dpt permintaan buat backlink,ga menutup kemungkinan dari permintaan2 itu ada yg terlewatkan gtu...yah itu berpikiran positip aje..hehehe...(pdhl kalo dicuekin kesell jg rasanya)
    ^^,

    ReplyDelete
  13. @mike..iya bisa juga begitu, so tergantung blogger lain lah kasih penilaian masing2 masuk kategori mana :)

    ReplyDelete
  14. Kalau yang pernah alami sama sekali berbeda, karena blogger YBS sama sekali tidak merespon setelah tiga kali request (atau mungkin gwnya yang muka tembok saat itu...hehehe), yah setidaknya dia bisa memberi jawabanlah...toh berkomunikasi itu tidak dosa kok. Dan satu hal lagi blog YBS mempunyai banyak link diblogrollnya. Namun itu peristiwa masa silam, saya tidak lagi mempermasalahkannya, cuma ingin mengenang dan mengabadikannya lewat saja posting.

    Dan sekarang inipun kalau ada yang minta tukeran link, saya memasang reaksi hati-hati. Karena ternyata cukup banyak blogger yang ngajakin tukeran link sama sayah, namun setelah beberapa lama kemudian, link saya ternyata dia hapus, sedangkan link dia masih ada diblogroll saya...ini kan namanya curang...hehehe.

    BTW soal link farm saya mau urung pendapat, ialah aktifitas dan mempunyai tujuan sama seperti tukeran link, yaitu sama2x ingin meningkatkan popularitas blog juga menempatkan diposisi bagus di search engines. Memang ada kesamaan diantara keduanya, namun ada perbedaan yang mendasar. Kalau link farm ialah halaman yang memang didedikasikan untuk mengumpulkan link2x keluar (outbond link) agar link2x itu mendapat hasil bagus dalam proses indeks google atau biasa disebut spamdexing atau spamexing.

    Sedangkan tukeran link adalah link love yang dilakukan secara selektif berdasarkan relevansi dan bukan termasuk melakukan spamming.

    Sudah lama Dunia blogger mengenal tradisi tukeran link, kita bisa lihat mas Fatih Syuhud, saat blog kolom-mario masih ada, beliau membuka tawaran terbuka bagi siapapun yang ingin tukeran link dengannya. Saat itu saya lihat diblogrollnya terdapat mungkin seribu link atau lebih. Namun posisi blog beliau di hasil pencarian selalu bagus dan mendapat PR 5.

    Namun intinya pengalaman sepahit apapun jadikanlah sebagai motivasi bukan malah menjadikanmu mati!

    (sorry mas toni kalau kepanjangan hehehe met weekend deh.)

    Wassallam Abi.

    ReplyDelete
  15. @abi bakar... Thanks atas koreksi nya dan penjelasan tentang link farm dan link exchange..jadi saya sedikit tahu apa bedanya :)
    Untuk tukaran link curang saya turut prihatin..tapi aku dulu banyak link nih, hanya ketika ganti template, tidak semua kena back up jadi pada hilang link itu, ini yang terpasang sebagian ku ambil dari blog lain yg tidak terlalu banyak link..makanya link ku gak banyak :) bagi yg sudah pasang link ku komplain aja deh, pasti aku pasang lagi..
    Oya..happy wiken juga..

    ReplyDelete
  16. klo aku suka ama suatu blog, mo nge link ya ngelink aja(tentu dgn ijin si empunya) gak perlu pake istilah tukeran link (maksa deh kesannya :D ), jadi klo aku udah ngelink trus gak di link balik ya no problem lah. Lagian menurutku nge link kog trus kesannya wajib berkunjung pdhl buat aku yg fully house wife plus trio kwek2 gini duh...repot banget ntar malah ke'hutang lagi.

    jadi menurut tony, aku tms blogger yg mana nih? :D

    salam

    ReplyDelete
  17. @kenny...susah nih mas tebaknya..klo gak salah blogger datar.. :D soal punya jiwa besar seperti itu, gak harap link balik segala hehehe

    ReplyDelete
  18. Ngomong2 soal tukeran link, saya boleh tukeran link juga ga dengan mas Tony. Ngarep mode : On

    ReplyDelete
  19. jujur sayah ndak ngerti apa2 neh ttg link farm, dan rasanya bagi saya exchange link ituh akan saya tanggepin kalo tuh orang bnr2 niatnya tukeran link utk berbagi. tapi kalo tiba2 dateng ke blog saya, pertama kali lagi, n langsung ngajak tukeran link.. dan ternyata yg ngajak ituh isinya ikaln plus pop-up"nya, ndak bakalan saya ladenin...

    ReplyDelete
  20. @putra eka...sudah terpasang bos :)

    @anggangelina...untung aku gak pernah dapat tawaran dari blog yang ajak tukaran link seperti itu, aku juga bakal tolak kayaknya

    ReplyDelete
  21. waduuh pas saya hiatus kemaren saya liat di sb lumayan bnyk yg ngajak tukeran link..sy cuekin aja...wong lg hiatus, skrg sy mlh lupa orang2 itu... duuuh sy dibilang sombong jg gak yah????

    ReplyDelete
  22. mas Tony link anda juga udah masuk, thanks ya... :)

    ReplyDelete
  23. @ichaawe...aku juga biasa begitu mbak..ya mo gimana lagi..cuek aja kali :)

    @putra eka..thank linknya..sebenarnya kita udah tukaran link pada proyek link cinta 2008 :)

    ReplyDelete
  24. wahhh.. kalo aku dah biasa..
    yg penting buat ku sekarang adalah blogwalking terus aja n rajin2 posting comment di blog orang...

    ReplyDelete
  25. mungkin gi cibuK kk ^^ jujur kemarin bnyk yg ajak tukeran link ama aku,tp aku gi cibUk bngttt Ngtttt Ngtt lum isa secepatnya...mungkin nunggu beberapa waktu ^^ ampuNNN...sebelumnya aku selalu siap N cepat tuk tukeran link namun 1 minggu kemarin mank ga' isa bNgtttt..

    aku selalu salah ampuNNNN...maaf bNgttt ^^ ampunNNn...
    aku ga' maksud somboNg kok kak...
    pis...:D

    ReplyDelete
  26. Hoi hoi hoi.sering bgt nemuin blogger gtu pas bru awal mulai ngeblog.hehey

    ReplyDelete
  27. @gelly..lho emang salah apa nih menta ampun segala hehehe

    @rezki...untung aku pertama ngeblog jarang ketemu yang pelit rata2 bisa kasih aku link *beruntung kali* hehehe

    ReplyDelete
  28. Kalau aku siapapun kuturutin sih apalagi kalau udah blog ku di link duluan sudah pasti ku link balik. Tapi kadang jengkel banget ada orang ngajak tukar link setelah ku link dia gak mau link balik karena PR ku kecil. Males aku sama orang gitu kebanyakan dari negara tetangga. Sekarang aku diam kalau ada yang ngelink duluan baru ku link back.

    ReplyDelete
  29. Diperbanyak sabar aja sepertinya Mas Tony. Kita toh tak bisa merubah sifat orang lain. Lagian sampai sekarang PR nya google belum ada yang tahu algoritmanya, jadi kebanyakkan hanya menebak dan menyimpulkan dari indikasi yang terlihat.

    ReplyDelete
  30. @bali sugar...aku juga nih kadang pikiran gitu, tetapi kalo pas rajin pasti langsung ku link duluan, ga peduli di link balik apa ga hehehe...tapi pas males, aku jadinya blogger sombong soal kalo males gitu utak-atik template jadi males, jadi kadang cuek juga kalo ada yang ajak tukaran link..tergantung mood apa gak kayaknya *parah*

    @Rafki rs, yup betul, sekarang link PR yang nol kalo apdet PR blog nol malah naik kan untung juga kita :D so positive thinking aja deh kayaknya :)

    ReplyDelete
  31. kalo aku sih ga masalah masukin blogroll ku, tapi musti yang sudah kenal, jangan belum pernah interaksi sebelumnya tapi tiba2 minta tukeran link.. hmm.. kayanya aku masuk yang kategori sombong ya mas? *duh jangan deh.. sungguh aku gak mau sombong lho :D *

    ReplyDelete
  32. PR aku lom tinggi, tapi soal link melink, jujur aja aku pilih2.
    Kalo cuman sekali datang trus ngajak tukeran link lantas ngilang, ya aku cuekin. Biasanya setelah beberapa kali saling kunjung2an, dengan sendirinya aku link (dgn seijin yg punya tentunya), biar gampang diklik.

    Mo dimasukin ke kategori mana, 'gak ada masalah buat aku :D

    ReplyDelete
  33. bukan sombong mungkin blom sempat aja bro...

    ReplyDelete
  34. @jimmy..hehehe siapa sih yang mau masuk kategori sombong.. :) tapi aku sendiri masuk sombong nih pas lagi bad mood utak-atik template..jadi gak diladeni kadang ajak tukaran link

    @since-yen...ya cara ini juga bagus..soal yg datang mendadak tiba-tiba link e-change rasa nya gak afdol :)

    @mr.eagle...bisa juga begitu mas..jadi kadang kelupaan :)

    ReplyDelete
  35. ah buat saya ngeblog nyantai aja. tukeran link bukan link farm. coba cek lg deh?. klo ditolak tukeran link ya udah nyante aja..ya kita sendiri yg tertolak ga usah merengek rengek.Toh udah pasti kita ga akan linkback org yg nolak kita kan. wong saya aja yg PR 0 besar aja ga ditolak kok ma bloggerwave....wakakakakak

    ReplyDelete
  36. Kalau saya siey ga masukin ke dalam hati, blog for fun ^o^

    ReplyDelete
  37. @billah..punyaku PR2 ditolak bv :( tapi gitu protes pake email langsung di approve :)

    @li san skywalker...bagusnya sih begitu jadi ga ada beban :)

    ReplyDelete
  38. Saya ngeblog santai aja, PR tidak pernah aku pikirin. Yang aku lakukan mencoba menulis yang kira2 banyak yang mau baca postingan(main tebak-tebakan) eh.. gak tau nya pas cek PR tanpa sengaja malah sudah naik. Saya tidak pernah berpikir PR untuk apa yah?

    Untuk tukar link memang aku jarang meminta kecuali memang saya benar-benar suka dengan artikelnya. Tetapi saya tidak akan bisa menolak yang pertama: jika ada bloger yang minta tukar link dan link duluan. Pasti akan saya link balik. Yang kedua: sudah sering berkunjung, sehingga aku suka minta tukar link agar memudahkan untuk silaturahim. blogwalking sambil cek juga.

    ReplyDelete
  39. @ysugiri...hehehe setuju sekali dengan sistemnya :) copy ahhh

    ReplyDelete
  40. Yah masak cuman karena blog gw berat orang orang pada ga sudi nulis sesuatu di SB-nya... padahal saia sengaja banyakin kek gitu untuk menghibur orang orang yg datang ke blog gw bung, orang laen senang gw juga senang...

    dan kalo niatnya datang dan berteman dengan gw, masak nunggu bentara aja kagak maoo bung... hikzzz...

    ReplyDelete
  41. @the armstrong...yup..kalo bukan masalah itu sih ga tau juga ya..tapi kan masih banyk yang berkunjung mas..so jangan terlalu sedih deh :)

    ReplyDelete
  42. Mas Ton .. sejarahnya dulu juga sy kaget pertama kali liat ada blog Indonesia muncul di halaman pertama search engine PR 3 lagi.. terus baru sy pengen bikin blog lagi..pas sy pengen tukeran link sm dia malah dgn cueknya dia ga mau tukeran link..

    Akhirnya sy tukeran link sm yang lain..dan berhasil menjadi PR 4 ..herankan dia malah tetep PR3 sedangkan sy PR 4 ..ternyata dia malu sendiri..

    Ya biasanya blogger sprt itu cuma cari rangking aja ga mau bagi2 buat yang PR 0 ..

    Tadinya sy juga mo buat tulisan seperti ini cuma takut dia baca..ya ternyata udah ada yang mewakili ..

    thanks mas ton..

    Happy blogging ya..

    ReplyDelete
  43. @yusa indera...yup blogger itu punya sifat masing-masing so tergantung kita masing-masing kasih penilaian kayaknya...biasa sih pendapat rata2 orang pasti sama terhadap blogger yang gini gitu itu :)

    ReplyDelete
  44. Memang mas, banyak dari blog yang mempunyai pagerank tinggi terkadang kurang menghiraukan terhadap blog yang pageranknya masih nol, saya pun juga pernah merasakan hal demikian... walaupun demikian tapi kita harus tetap semangat dan tidak usah menyerah untuk terus meningkatkan pagerank kita... hidup selalu para blogger.

    ReplyDelete
  45. Bagi para webmaster/bloggers/lainnya yang ingin bertukeran link...
    Yukkk kita tukeran^^
    www.iklan-bisnisonline.com
    akan saya pasang link anda di halaman utama^^
    Thx^^

    ReplyDelete
  46. @didiet..setuju sekali mas...mari kita sama2 tingkatkan PR kita

    @iklan gratis..thanks infonya

    ReplyDelete
  47. waduh aq pernah dianggap sombong (padahal enggak)
    itu terjadi beberapa waktu lalu aq diajak tukeran link oleh org tapi sakingbanyaknya + cepat terisi+tumpuk tumpukan itu shoutbox jadiaq ga tau klo ada yg minta x change link :D

    ReplyDelete
  48. @asD...aku juga pernah kejadian gitu nih..karena sb banyak jadi kelewat sebelum sempet di link.. :(

    ReplyDelete
  49. Aku juga pernah kayak gitu. Nolak orang untuk tukeran link di blog PR tertinggiku. Soalnya harus jaga supaya nggak jadi link farm.

    Sorry buat yang pernah request ke aku ya :)

    ReplyDelete
  50. @andos...iya moga2 yang ajak tukaran link bisa paham mas tentang link farm itu jadi bisa ngerti :)

    ReplyDelete
  51. tapi yang perlu diingat...blog yang dilink sama link farm itu tidak berpengaruh...selama tidak memberi link balik.
    Rasionalnya...kalo saya sentimen dengan blog mas yang sudah establish misalnya,berarti saya tinggal mendaftarkan blog mas yang dimaksud ke link farm. Dan otomatis blog mas itu di gebug sama google...nah logika ini sepertinya tidak mungkin, karena justru akan merusak sistem alogaritma google...
    Tapi kalau blog atau situs link farm-nya yang dipenalti google itu mungkin...termasuk juga blog yang memberikan link ke blog link farm itu...

    ReplyDelete
  52. @suami malas..terima kasih atas penjelasan Anda, so ada pemasukkan mengenai bagaimana link farm itu bisa di kategorikan warning untuk blog kita :)

    ReplyDelete
  53. bener mas, padahal bloger baru seperti saya ini sangat berharap.

    ReplyDelete
  54. @guest..berharap apa mas??

    ReplyDelete
  55. masih ada bahasan blogger sombong ya rupanya?? :D

    ReplyDelete
  56. Bro, maap telat nih ya, mumpung lagi nganggur..wakakka.. makanya kliling2 ke sini.. Praha itu apa yah? pertama aku kira kota praha.

    ReplyDelete
  57. @eko priyanto..dulu masih anget2nya jadi angkat topik ini :D

    @devita..heuheuheu, praha barangkali sejenis gejolak gitu deh *kalo ga salah* :)

    ReplyDelete
  58. Atau kunjungi ini untuk melihat informasi berharga lainnya

    http://widearticle.blogspot.com

    ReplyDelete
  59. thx y infonya, msh agk bingung sih..

    ReplyDelete
  60. Oh bgt ya, br tau aq kl ada yg seperti ini...

    ReplyDelete
  61. Saya faham betul tentang SEO
    tapi tidak sombong koq
    buat teman-teman yang ingin tukeran backlink silahkan komentar di http://agiptek.com
    walau baru ber PageRank 3 tapi komentarnya doFollow dan langsung muncul tanpa moderasi

    ReplyDelete

Terima kasih Atas Komentar Anda!

Followers