Tuesday, April 29, 2008

Internet Alternatif

Pernah mengalami masalah dengan koneksi internet Anda? Sehingga menyebabkan Anda mengalami masalah terkoneksi ke dunia maya?
Jika hal ini terjadi disaat-saat penting, yang membutuhkan koneksi ke internet, tentu akan menjadi masalah, apalagi kalau itu berhubungan dengan kepentingan yang harus diselesaikan segera. Misalnya harus mengecek e-mail penting, atau kegiatan chatting dengan seseorang yang harus di lakukan, atau hal-hal lain yang mengharuskan Anda harus terkoneksi ke internet. Untuk chat barangkali bisa memakai alternatif lewat telepon, tetapi e-mail, mau tidak mau tetap harus terhubung ke internet baru bisa mengecek e-mail tersebut.
Solusinya bisa saja mencari warnet terdekat, tetapi bila di daerah dekat Anda berada, tidak terdapat warnet, tentu merepotkan harus mencari warnet ke tempat yang jauh, belum lagi waktu macet dijalanan.

Nah untuk mengatasi masalah seperti ini, manfaatkan Handphone Anda yang memiliki fitur GPRS atau 3G, untuk terhubung ke internet. Rata-rata handphone berwarna yang ada sekarang minimal telah memiliki fitur GPRS.
Lakukan setting GPRS/3G di handphone Anda (tanyakan ke operator masing-masing), dan pastikan daerah tinggal Anda telah di jangkau jaringan GPRS/3G sehingga bisa terkoneksi.
Jika settingan sudah benar, Anda tinggal melakukan koneksi ke internet dengan ponsel Anda melalui browser bawaan ponsel yang sudah disediakan.
Jika kurang puas kinerja browser bawaan ponsel, Anda bisa coba meng-install aplikasi browser operamini untuk ponsel Anda, yang bisa di download gratis dari www.operamini.com dari komputer Anda atau operamini.com dari ponsel Anda.
Sedang untuk aplikasi chatting coba install talkonaut yang bisa di download dari talkonaut.com atau gtalk2voip
Aplikasi chat ini menurut Saya cukup bagus karena mendukung bahasa Indonesia dan bisa terkoneksi ke banyak program chatting sekaligus seperti Yahoo Messenger, Gtalk, MSN, ICQ, AIM, dan SIP phone, juga memiliki fitur VOIP untuk handpone dengan dukungan Symbian 3rd edition.
So, dengan operamini yang terinstall di ponsel Anda bisa mengecek e-mail atau sekedar browsing. Dan melakukan chatting melalui Talkonaut.
Ya, tampilan ponsel tentu tidak akan bisa sebagus tampilan komputer, tapi setidaknya ini bisa menjadi alternatif terkoneksi ke internet jika koneksi internet Anda terganggu.
Atau bahkan ponsel Anda, jika mendukung bisa dijadikan modem untuk koneksi melalui komputer, dengan memanfaatkan jaringan GPRS/3G.
Berminat mencoba?

Catatan :
Biaya koneksi internet melalui GPRS/3G melalui ponsel, biasanya dibebankan pada pulsa Anda. Tanyakan pada operator masing-masing berapa biaya per kilobyte(KB) koneksi GPRS/3G masing-masing operator.
Untuk beberapa operator yang saya tahu menerapkan tarif sebagai berikut :
- Telkomsel (Halo) menetapkan Rp.8/KB
- Telkomsel (Simpati/AS) Rp.12/KB
- XL Rp.10/KB
- Matrix Rp.10/KB
- Mentari/IM3 Rp.1/kb
- Three Rp.10/KB
- Fren prabayar Rp.6/KB
- Fren pascabayar Rp.2/KB

Dari harga per KB diatas operator Indosat menerapkan tarif paling murah yaitu Rp.1/kb..
Operamini bisa membantu menghemat pulsa Anda, karena browser ini sifatnya mengkompress suatu situs hingga tinggal beberapa KB untuk ditampilkan melalui ponsel. Sedangkan chatting biasa tidak terlalu banyak mendownload KB ukuran besar karena hanya berupa teks saja (biasa saya chating sekitar 2 jam lebih - 3 jam habis sekitar Rp.500an dengan kartu Mentari)

Untuk Operamini sebaiknya install 2 buah. Satu Operamini 3, dan satunya Operamini 4 beta. Kalau bisa jangan pilih Opera mini 4 versi terbaru disitusnya..karena jika pilih terbaru tidak bisa memasang 2 Opera.
Opera mini 3 dan 4 memiliki sedikit perbedaan cara kerjanya. Kalau Anda install 2 dan mencoba keduanya Anda akan tahu perbedaan yang ada itu.

REKOMENDASI SITE :
MP3 SONGS
HOT INFO
FOOTBALL MANIA!

Add to: BlinkList, del.icio.us, Digg, Furl, ma.gnolia, reddit, Simpy, Spurl, BackFlip

5 comments:

  1. info yang yang menarik mas toni..bisa di coba nih.

    ReplyDelete
  2. @oom..silakan om, aku sering nih pakai opera mini juga talkonaut, lebih praktis bisa online dan chat dimanapun berada hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih Atas Komentar Anda!

Followers