Sunday, January 13, 2008

USUS BUNTU


Tahu usus buntu? Itu lho penyakit yang terjadi karena ada bagian makanan yang kita makan nyasar ke bagian tubuh kita yang lain yaitu usus buntu..sehingga tidak bisa dikeluarkan dari saluran pembuangan melalui anus.
Nah penyakit ini kalau tidak segera di tangani sangat berbahaya bagi tubuh kita
, karena makanan yang mengendap dalam usus tersebut tidak bisa dibuang dan dikeluarkan, sehingga bisa menyebabkan usus buntu kita mengalami infeksi dan pembusukan perlahan-lahan.
Gejala ini awalnya akan ditandai dengan sakit perut,dibagian tengah dan menjalar ke bagian : untuk cowok sakit perut dibagian kiri dan cewek sebelah kanan..sakit perut ini akan muncul setiap waktu. Jadi harap hati-hati jika kamu punya gejala sakit perut yang sering kumat terutama dibagian kanan perut untuk cewek dan cowok bagian kiri perut. Mungkin jadi ini pertanda usus buntu, segera periksakan diri ke dokter. Jika sudah agak parah bisa menyebabkan demam.
Jika masih ringan penyakit ini masih bisa disembuhkan dengan antibiotik tetapi jika sudah parah harus operasi..operasi usus buntu termasuk operasi kecil.
Nah sekedar informasi, untuk mencengah jangan sampai terkena usus buntu, saat makan jangan buru-buru. Misalnya mengunyah makanan dua tiga kali sebelum makanan cukup hancur lalu cepat ditelan dan buru-buru sekali..masih untung biasanya kalau keburu begitu makanan bisa keluar lewat hidung, jika tidak bisa dipastikan nyasar ke bagian tubuh lain dan tidak masuk ke sistem pencernaan dalam tubuh.
Usahakan mengunyah makanan sampai sudah terasa cukup enak untuk di telan.
Penyebab utama dari usus buntu itu ya itu makan buru-buru, lalu biji cabe, biji jambu klutuk dan serat biji yang melekat pada daging buah rambutan..ini deh beberapa info yang saya dengar dari pasien yang pernah mengidap penyakit ini..dan informasi ini dia dapat dari dokter yang merawatnya..
Jadi kalau suka makan cabe usahakan jangan banyak makan biji cabe nya..begitu juga jambu klutuk yang mempunyai biji-bijian kecil jangan sampai kemakan bijinya, sama hal nya dengan rambutan kalau bisa serat-serat biji yang melekat pada isi buahnya jangan konsumsi terlalu banyak.
Demikian beberapa tips untuk kasus usus buntu

2 comments:

  1. eh baru tau kalau ternyata usus buntu itu beda ya posisinya antara cewe dan cowo? huehehe....

    ReplyDelete
  2. Saya punya pengalaman dengan penyakit radang usus buntu (yang kata dokter status atau nama citto kalau tidak salah) jadi harus dioperasi. Gejalanya sendiri pada mulanya saya tidak tahu, cuma kebiasaan jelek saya jika makan biasa super cepat atau malas ngunyah, perut suka kembung, dan mengalami sembelit. Pada suatu saat pada bulan puasa biasa bangun pagi jam tiga maksud hati hendak makan sahur, ternyata baru meneguk segelas susu tiba-tiba perut bagian bawah sakit bukan main. Perkiraan saya masuk angin yang kadaluarsa jadi sama istri dikerok. Tetapi itu tidak menolong, kemudian usus merasa seperti dipelintir hebat. Saya sudah bertanya pada diri sendiri apakah hidup saya sudah akan berakhir pada saat itu. Saya hanya berdoa saja. Sambil menahan sakit setiap roda mobil yang menginjak polisi tidur maupun aspal yang tidak rata saya dibawa kerumah sakit. Seteleh diperiksa pada pagi itu juga saya dioperasi untuk memotong usus buntu. Wah jika bisa jangn sampai deh pembaca mengalami seperti saya. Pokoknya jaga pola makan yang sehat aja. Jika sudah terkena operasi usus buntu biayanya besar. Oke sehat adalah nikmat dari Allah yang paling besar dibanding dengan apapun.

    ReplyDelete

Terima kasih Atas Komentar Anda!

Followers