Tuesday, December 25, 2007

UCAPAN SELAMAT NATAL "BERHADIAH" TROJAN

Menjelang Natal dan Tahun Baru, biasanya orang kerap dibanjiri e-mail spam atau e-mail sampah. Momen ini pun dimanfaatkan para pembuat virus melancarkan aksinya.
Seperti dikutip dari detikINET, sebuah spam bertemakan natal beredar sejak senin lalu. E-mail tersebut rupanya mengangkut sebuah trojan yang merupakan varian dari Strom Trojan.
Strom Trojan sendiri merupakan trojan terbesar sejak kemunculannya pada awal Januari 2007 silam melalui pesan ber-spam.
E-mail tersebut mengandung sebuah subjek seperti "Find Some Christmas Tail", "Warm up This Christmas", dan "Mrs. Clause Is Out Tonight".
Dalam E-mail tersebut, diselipkan sebuah link dengan nama domain merrychristmasdude.com, sekali meng klik link tersebut, sang korban akan di giring kesebuah situs bertemakan Natal yang dilengkapi dengan foto perempuan yang nyaris telanjang dan menawarkan mendownload gratis sebuah program.
Menurut perusahaan keamanan F-Secure, program itu merupakan program jahat yang dijuluki E-mail worm.win32.zhelatin.pd, yang akan terhubung kesebuah jaringan peer-to-peer dan akan mulai mendownload banyak malware.
Pengguna di imbau untuk mengundu anti virus yang mampu mendeteksi keberadaan Trojan ini. Beberapa vendor antivirus yang berhasil memblokir varian trojan tersebut dari Strom Trojan ini termasuk Kapersky, Microsoft dan Symantec. Sementara SANS Internet Strom Center merekomendasikan agar para administrator memblokir E-mail dan situs yang mengakses ke domain merrychristmasdude.com

No comments:

Post a Comment

Terima kasih Atas Komentar Anda!

Followers