Sunday, May 4, 2008

Kencing Manis | Diabetes Mellitus

Tahu kan penyakit kencing manis atau dikenal dengan istilah diabetes mellitus? Walau penyakit ini sifatnya tidak menyerang 'terang-terangan' penyakit ini adalah penyakit berkategori berbahaya.
Dari wikipedia di sebutkan bahwa penyakit ini disebabkan karena meningkatnya kadar gula dalam tubuh yang terus menerus terutama setelah makan.

Penyakit ini bagi penderitanya sulit diketahui. Karena pada dasarnya orang yang menderita penyakit ini, tidak tampak seperti orang berpenyakit.
Satu-satunya cara yaitu memeriksakan diri ke dokter. Atau bisa diperhatikan jika beberapa saat setelah buang air kecil, tempat buang air kecil itu di datangi oleh kawanan semut, kemungkinan adalah akibat kencing yang manis, sebagai pertanda terserang kencing manis. Atau misal pada saat luka, bagian luka sulit sembuh dan bahkan makin melebar. Selain itu jika badan cepat terasa lelah dan sering terasa lapar patut dicurigai mengidap kencing manis.

Kencing manis ini dikategorikan berbahaya, karena salah satu alasannya jika kita terserang penyakit ini pada level berbahaya, maka ketika kulit tubuh kita mengalami luka yang mengeluarkan darah. Luka ini sulit sembuh bahkan tidak akan pernah bisa sembuh. Dan pelan-pelan akan mulai menyebabkan pembusukan pada daerah luka yang bisa menular ke bagian tubuh yang berhubungan langsung dengan pusat luka tersebut.

Ayah teman saya menderita penyakit ini. Tapi baru disadari saat kakinya mengalami luka kecil yang tak kunjung bisa sembuh. Kemudian kakinya mulai membengkak hingga besar. Dan pembusukan mulai menular melalui kakinya..akhirnya satu-satunya cara penyelamatan yaitu meng amputasi kaki beliau.

Sedangkan paman saya juga ada yang menderita penyakit ini, dan efek sampingnya menyebabkan tubuh jadi kurus kering. Selain akibat dari penyakit ini juga keadaan harus diet ketat untuk mencegah penyakit ini ke level lebih parah.
Untuk mencegah terjadinya penyakit kencing manis ini adalah dengan mengontrol kadar gula dalam tubuh agar tidak melebih normal. Salah satu penyebab utama kencing manis ini adalah akibat keseringan mengkonsumsi minuman manis sejenis cola, dan minuman lainnya yang mengandung induk gula. Selain itu juga diakibatkan jarangnya berolahraga secara teratur untuk menjaga pembakaran dalam tubuh.

Penyakit ini tergolong penyakit berbahaya tingkat ke 4 yang banyak di derita Di Indonesia. So, mulailah mengontrol kadar gula dalam tubuh Anda, agar tidak terjadi kelebihan kadar gula yang ada. Dan untuk anak-anak sebaiknya jangan terlalu sering dimanja untuk mengkonsumsi sesuatu yang bersifat manis-manis. Karena ini bisa menjadi awal yang tidak bagus jika mereka beranjak dewasa, karena riskan untuk terkena penyakit ini.

Sekedar tips, bagi penderita kencing manis ini ada beberapa pihak yang menyarankan mengkonsumsi bubuk kayu manis dengan perbandingan setengah sendok teh dengan segelas air. Jika terlalu banyak bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti bibir pecah-pecah, tenggorokan kering, dan sebagainya.

Selain itu juga harus mengontrol kesehatan ke dokter secara teratur, dan mengurangi konsumsi akan nasi dan sesuatu yang mengandung manis berlebihan dan berolahraga secara teratur.
Untuk lebih jelasnya tentang penyakit ini, tanyakan pada dokter atau sumber-sumber yang bisa dipercaya. Karena penjelasan ini bersifat umum adanya.


REKOMENDASI SITE :
MP3 SONGS
HOT INFO
FOOTBALL MANIA!

Add to: BlinkList, del.icio.us, Digg, Furl, ma.gnolia, reddit, Simpy, Spurl, BackFlip

24 comments:

  1. Kakak ipar saya udah menderita kencing manis ber-tahun2, sekarang malah ginjalnya udah kena.... aduh,serem ya.... emang pola makan hrs dijaga

    ReplyDelete
  2. wah :( serEM bngt penyakit iNi kak tOni...moga kita terjauh dr penyakit ini amieNNNNN


    kk kecing manis itu nular ga'...anak cucu misalnya :D
    cuma tanya aja...keluargaku alhamdulillah ga' ada yg sakit ini

    ReplyDelete
  3. wow, terimakasih buat infonya ya Ton. Pernah denger sih kalo diabet itu bahaya, cuman ga kebayang aja.

    ReplyDelete
  4. @eucalyptus...paman saya 2 orang nih bun yang kena, ya kedua-duanya bilang akibat konsumsi minuman jenis cola itu..ngeri lah bayangin kalo ampe luka gak bisa sembuh
    @gelly..kabarnya bisa menular lho, terutama misalnya satu tempat dengan yang derita tempat buang air nya..dengar-dengar ini juga bisa masuk penyakit keturunan
    @devita...yap, aku juga was-was soal udah liat efek akibat penyakit ini..terutama papa teman aku yang sampai harus amputasi, soal kalo gak pembusukan bakal menjalar tanpa henti..

    ReplyDelete
  5. Ngeri bgt ni penyakit bisa menular jg to..Yg penting intinya pola makan

    ReplyDelete
  6. Benar2..kencing manis penyakit yang amat berbhya..tante sy meninggal dunia pun akibat kencing manis..so sesiapa yang punya sejarah dlm familinya kencing manis, semestinya kena berhati2 dalam pemakanan yg diambil...jaga kesihatan..

    ReplyDelete
  7. hmm,,,, seyyem juga ya...

    ibu saya juga sakit diabet...

    ibu saya sakit diabet udah lama...

    tapi diabet kering...

    badanya jadi kurus,,, sulitnya ibu saya sembuh meski udah lama berobat ke dokter... itu karena "ibu saya susah ngatur pola makan"

    seperti tersiksa saja klo di suruh ngatur makanya... dia selalu makan apa aja yg di makan layaknya orang sehat... yg manis2 juga tetap di lahap...

    kadang kasian juga liat beliau klo diabetnya lagi kumat badanya lemes...:(

    ReplyDelete
  8. @didiet...aku rasa juga gitu pola makan yang utama agar gak ketularan
    @bash..aku rasa juga begitu..kabarnya ini termasuk penyakit keturunan
    @annie..gak bagus lho..paman saya malah super hati-hati konsumsi makannya..sampai kurus kering juga

    ReplyDelete
  9. mamaku kena diabet, yang penting rajin cek darah untuk kontrol, dan olahraga,,nggak perlu yang berat2, jalan kaki cukup kok..:)

    ReplyDelete
  10. @nengdj..yap itu kayaknya cara terbaik untuk cegah nih penyakit :)

    ReplyDelete
  11. ternyata berbahaya ya...jangan sampai dah kena KM hiiii

    ReplyDelete
  12. Betul kayu manis memang salah satu obat/herbal/jamu untuk penderita dm. Kayu manis juga disebut dgn Cinnamon.

    ReplyDelete
  13. tentang dm lengkap bisa mampir ke :
    http://informasidiabetes.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. halooo teman2 sekalian kayaknya penyakit diabetes ini penyakit yang mengerikan ya.ohya,saya tau ada temen yang bisa sembuhin diabetes loh.bokapnya temen saya uda sembuh dari diabet loh.bagi yang mau info lebih lanjut bole hubungi ke Fuad Eddy no hpnya 08176322675,02198964522.semoga bisa banyak membantu teman2 sekalian

    ReplyDelete
  15. halooo teman2 sekalian kayaknya penyakit diabetes ini penyakit yang mengerikan ya.ohya,saya tau ada temen yang bisa sembuhin diabetes loh.bokapnya temen saya uda sembuh dari diabet loh.bagi yang mau info lebih lanjut bole hubungi ke Fuad Eddy no hpnya 08176322675,02198964522.semoga bisa banyak membantu teman2 sekalian

    ReplyDelete
  16. Kebetulan saya juga pernah menolong mengobati penyakit kencing manis. Namanya ibu Sholihah, berdomosili di desa Sumurber,Panceng,Gresik. Beliau mengidap penyakit itu udah kronis, sampai dokter di RSUD Gresik menganjurkan untuk amputasi kakinya yang sudah luka parah. Beliau saya buatkan minyak kelapa dengan cara ritual ketabiban jawa islami, dengan tanpa melalui proses pemanasan, peragian maupun bahan kimia. Alhamdulillah beliau sembuh total tanpa harus amputasi. Jika anda ingin berkonsultasi atau memerlukan ramuan tersebut silahkan hubungi saya, Tiknan Rt 13/ Rw 07 Sawo,Dukun,Gresik Hp.085850960090. Email di powerman.tiknan@Gmail.com dan silahkan lihat blog saya di http://tiknan.blogspot.com

    ReplyDelete
  17. Cuba lihat http://lumiglow2u.com

    Mungkin ia boleh menjadi penawar yang dicari2.

    ReplyDelete
  18. Baru-baru ni, isteri saya kata 6 orang kena potong kakinya di HKL sebab doktor give up rawat kencing manis.

    Yang peliknya saya jumpa ramai yang boleh sembuh dari kencing manis.

    sila ke http://ubatkencingmanis.page.tl

    ReplyDelete
  19. slm ziarah, moga kalian sihat & sukses selalu

    ReplyDelete
  20. Biasanya kencing manis type 1 atau type 2 yang lebih berbahaya?

    Harap dapat membantu..

    ReplyDelete
  21. terima kasih infonya tuan.. itu banyak sekali membantu saya..

    ReplyDelete
  22. Tiada lagi diabetes..ketahui punca dan cara merawatnya..terbukti berkesan!!layari http://zhahab.blogspot.com/ untuk maklumat lanjut

    ReplyDelete

Terima kasih Atas Komentar Anda!

Followers